Return to site

3 Alasan Mengapa Customer Service Berpengaruh Pada Penjualan

Meningkatkan penjualan dengan customer service

· Tips Sales

Seorang customer service memang tidak memiliki hubungan langsung dengan penjualan. Tetapi, peran penting dari seorang customer service akan membuahkan penjualan. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi perusahaan yang berkualitas, maka Anda juga harus memiliki tim customer service yang berkualitas. Sedikit gambaran untuk Anda, pernahkah Anda menelpon perusahaan saat ingin melakukan pembelian tetapi, customer service yang melayani tidak memberikan pelayanan kepada Anda dengan baik? Atau, pernahkan Anda menemukan perusahaan ketika Anda komplain kepada customer service, masalah yang Anda hadapi tidak pernah mendapatkan tanggapan?

Jika jawaban Anda pernah, bagaimana tanggapan Anda terhadap perusahaan tersebut? Kecewa, sangat kecewa atau berhenti berlangganan? Itulah mengapa, peran customer service akan berpengaruh pada penjualan Anda. Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini, kami ingin akan berbagi kepada Anda bagaimana pengaruh customer service terhadap penjualan Anda.

1. Customer service yang berkualitas akan membuat penjualan Anda lebih baik

Yang Anda pikirkan pertama kali tentang customer service pasti tentang pengalaman pelanggan. Tetapi, tidak hanya itu saja yang akan dicapai dengan customer service yang baik, hubungan antara pelanggan dengan customer service dapat memperbaiki komunikasi dan hubungan antara pelanggan dengan perusahaan. Selain itu, komunikasi internal akan semakin baik dan berimbas pada efisiensi dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Baik masalah terkait produk maupun layanan atau masalah pelayanan pihak internal.

2. Customer service yang buruk akan memperburuk penjualan

Kunci utama perusahaan adalah pelanggan, sedangkan kunci pelanggan adalah customer service. Jadi, ketika pelanggan kesulitan menghubungi customer service mereka akan kecewa. Ketika mereka kecewa, tentu pelanggan tidak akan merekomendasikan perusahaan Anda. Bahkan, bisa jadi pelanggan Anda yang dikecewakan karena customer service Anda buruk, ia berhenti menjadi langganan Anda.

3. Customer service Anda baik untuk marketing Anda

Perlu Anda ketahui, pelanggan yang puas dengan customer service Anda akan membantu perusahaan Anda dalam pemasaran, karena banyak pelanggan yang puas dengan customer service perusahaan akan merekomendasikan perusahaan tersebut kepada rekannya. Selain itu, dari sisi customer service, tim Anda dapat menawarkan produk-produk baru atau produk unggulan Anda kepada pelanggan saat sedang/sebelum mengakhiri berkomunikasi.

Ilustrasi (c) Sales1CRM.com