Return to site

3 Alasan Yang Menyebabkan Tidak Mencapai Hasil Sesuai Harapan

Penyebab kegagalan yang sering dilakukan oleh salesperson

· Tips Sales

Mengapa Anda tidak mampu mencapai hasil sesuai keinginan? Sepertinya pertanyaan ini menjadi pertanyaan umum yang bagi sebagian salesperson yang kesulitan untuk menemukan jawabannya. Sebenarnya, untuk menemukan jawaban ini sungguh sangat sederhana, Anda hanya perlu memperhatikan apa yang Anda lakukan. Serta memperhatikan beberapa alasan utama berikut ini mengapa Anda tidak bisa mencapai hasil sesuai keinginan.

1. Anda mengambil tindakan yang salah

Salesperson yang ingin mencapai hasil penjualan yang baik, ia harus bisa memilih mana tindakan yang harus dilakukan dan menjadi prioritas agar dapat mendukung kesuksesan. Setiap prospek memiliki karakter yang berbeda-beda, jika Anda salah bertindak dan menganggap semua tindakan dalam menghadapi prospek itu sama, tentu hasil penjualan yang Anda inginkan tidak akan bisa terjadi. Begitu pula saat Anda mengambil tindakan untuk follow up. Ketika Anda mengambil keputusan untuk mem-follow up di waktu yang kurang tepat, peluang Anda pun bisa saja sudah hilang karena prospek sudah mencapai kesepakatan dengan salesperson dari perusahaan lain.

2. Tindakan yang Anda lakukan setengah-setengah

Memberikan layanan kepada prospek tidak boleh Anda lakukan setengah hati. Selama proses negosiasi masih berjalan dan belum Anda tutup dengan mengakhiri proses atau dengan penjualan, maka Anda harus melayani prospek dengan maksimal. Jika Anda beralasan bahwa peluang untuk menciptakan penjualan besar dari prospek sangat kecil membuat Anda memilih melayani setengah hati, maka Anda tidak akan bisa mencapai hasil sesuai keinginan. Besar dan kecil hasil penjualan itu relatif, Anda harus memikirkan potensi jangka panjang dari hasil penjualan dari semua prospek. Jadi, jangan pernah menilai prospek ini berpotensi melakukan pembelian besar dan tidaknya untuk memberikan pelayanan maksimal.

3. Tidak mengambil tindakan untuk memperbaiki tindakan yang salah

Anda sudah melewati proses sesuai dengan sales pipeline, tetapi selalu gagal. Padahal Anda sudah mengambil tindakan yang menurut Anda sudah benar. Lalu, di mana letak kesalahannya? Anda lupa untuk mengambil tindakan agar dapat memperbaiki kesalahan pada tindakan-tindakan Anda dalam menjual selama ini. Anda berpikir dengan cara yang sama sudah bisa menjual, sehingga Anda terus menggunakan cara yang sama tersebut. Padahal cara yang digunakan tersebut adalah cara yang sudah tidak sesuai dengan karakter prospek secara umum. Itulah artinya Anda mengambil tindakan yang salah dan tidak pernah memperbaikinya.

Itulah alasan mengapa Anda selalu tidak bisa mencapai hasil sesuai dengan harapan yang dapat kami berikan. Cobalah untuk memperbaiki tindakan Anda untuk meningkatkan hasil penjualan yang lebih baik. Jangan lupa juga untuk memberikan komentar di bawah ini setelah Anda berhasil mengubah cara Anda melalui bantuan artikel ini.

Ilustrasi (c) Flickr.com CC