Return to site

3 Cara Agar Fokus Pada Penjualan

Usaha agar Anda dapat mencapai penjualan

· Tips Sales

Fokus untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan tentu menjadi sebuah tantangan bagi pelau bisnis kecil, entrepreneur, enterprise maupun bagi tim sales/salesperson. Guna mewujudkan fokus yang lebih optimal, mereka harus menjalankan semua aktivitasnya dengan maksimal, efektif dan efisien agar waktu yang dimiliki tidak terbuang sia-sia. Khusus untuk Anda yang saat ini baru mendalami cara yang efisien untuk meningkatkan penjualan, berikut adalah 3 cara untuk bisa tetap fokus dalam penjualan.

1. Melakukan ceklist setiap Senin

Senin menjadi awal pekan yang baru untuk Anda. Jika pada pekan sebelumnya sudah gagal, jangan sampai pekan baru Anda mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, buatlah sebuah daftar yang memuat informasi-informasi prospek berkualitas selama satu pekan ini. Anda dapat mengumpulkan semua informasi prospek melalui data yang ada pada sistem website, data panggilan dan lain sebagainya. Sehingga Anda memiliki waktu lebih untuk memperhatikan prospek-prospek mana yang akan Anda fokuskan.

Sayangnya, dengan metode pencarian data prospek secara tradisional seperti ini dapat menghabiskan waktu Anda. Jika Anda ingin cara yang lebih sederhana dan mempersingkat waktu dalam pegumpulan informasi prospek, Anda dapat menggunakan sistem/platform CRM.

2. Melihat kembali waktu untuk prospek yang akan Anda temui setiap harinya selama satu pekan ke depan

Daftar sudah Anda miliki, selanjutnya adalah dengan melihat jadwal Anda dengan prospek dalam satu pekan ke depan. Langkah ini dapat Anda jadikan salah satu cara untuk menemukan materi atau topik persiapan yang nantinya akan Anda jadikan bahan penarik perhatian prospek terhadap produk/layanan Anda. Jika Anda sudah memiliki jadwal dengan prospek lain, jangan memaksa untuk menerima jadwal baru dari prospek-prospek yang meminta waktu Anda di saat yang bersamaan.

3. Buatlah daftar peluang

Salesperson tidak hanya menjaga prospek, tetapi ia harus menemukan siapa prospek yang memiliki peluang untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu, pilihlah prospek yang memiliki potensi besar untuk mencapai penjualan. Jadikan prospek-prospek tersebut sebagai prospek berkualitas Anda dengan tetap mempertahankan peluang agar nantinya dapat Anda konversi menjadi penjualan dengan proses yang lebih cepat.

Dengan memperhatikan tiga poin yang kami sebutkan di atas, Anda akan lebih mudah untuk fokus mencapai penjualan dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Bagaimana tanggapan Anda? Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com