Return to site

3 Cara Meningkatkan Nilai Untuk Produk Dari Kolaborasi Tim Sales & Marketing

Kolaborasi yang akan menghasilkan penjualan luar biasa

· Strategi Sales,Marketing

Tim sales dan tim marketing dihadapkan dengan tuntutan yang sangat serius untuk meningkatkan pembelian dari prospek. Keduanya harus mampu menunjukkan nilai yang baik untuk bisnis dan produk yang ditawarkan agar dapat menjadi salah satu produk yang dipertimbangkan oleh prospek. Jika sales dan marketing tidak mampu memperlihatkan nilai untuk produknya, maka hasil untuk mencapai penjualan pun tidak akan mengalami peningkatan. Di sini, peran penting dari sales dan marketing untuk memberikan nilai terhadap produk dengan kolaborasi strategi yang baik. Jika Anda ingin segera keluar dari proses penjualan yang terlalu alot, maka tim sales dan tim marketing harus melakukan beberapa hal ini secara bersama-sama untuk meningkatkan konversi penjualan.

1. Mengembangkan persona pembeli

Menentukan persona pembeli merupakan langkah konkrit yang harus diambil oleh salesperson dan marketer. Karena, dengan pemahaman akan profil pelanggan menjadi lebih baik, maka akan lebih baik pula bagi sales untuk mengembangkan hasil penjualan. Untuk menemukan dan menciptakan persona pelanggan, sales dan marketing dapat melakukannya dengan melakukan wawancara, survei, feedback internal dan lain sebagainya. Sehingga tim dapat mengenali masalah utama yang dihadapi oleh pelanggan dan target prospek untuk kemudian dapat dilanjutkan pada proses pendekatan yang lebih baik agar dapat menawarkan produk.

2. Analisa riwayat pembelian

Setiap pelanggan memiliki perjalanan proses yang kemudian dapat di simpan pada riwayat pembelian, riwayat proses negosiasi dan riwayat-riwayat lainnya. Untuk mengembangkan nilai yang efektif terhadap produk yang ditawarkan, tim sales dan marketing harus menganalisa proses penjualan tersebut dan menjadikan riwayat sebagai tolok ukur dalam mengembangkan strategi untuk nilai tersebut. Kemudahan dalam menganalisa riwayat ini bisa Anda dapatkan apabila menggunakan aplikasi Customer Relationship Management (CRM). Proses penyimpanan data penjualan dan proses pra-penjualan yang tersimpan pada satu tempat terpusat dapat memudahkan sales dan marketing dalam menentukan strategi peningkatan nilai agar dapat menumbuhkan penjualan.

3. Komunikasi satu sama lain

Kolaborasi paling penting yang harus dilakukan adalah komunikasi dari tim sales dan tim marketing. Sekalipun perusahaan sudah menggunakan sistem CRM, jika tidak ada kolaborasi antara tim sales dan tim marketing, maka usaha untuk mengembangkan nilai agar dapat meningkatkan penjualan pun akan sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, selain memaksimalkan kualitas data pada CRM, tim sales dan tim marketing juga perlu meningkatkan intensitas komunkasi satu sama lain.

Ilustrasi (c) Unsplash.com