Return to site

3 Faktor Internal Yang Menghambat Kesuksesan Sales Representatif

Kesalahan personal dan perusahaan yang mengurangi produktivitas sales representatif

· Tips Sales

Kesuksesan seorang sales representatif (sales reps) bukan hanya terjadi karena ia berhasil mengakhiri proses negosiasi dengan baik. Tetapi, kesuksesan ini juga terjadi karena sales representatif mendapatkan dukungan secara internal baik dari dirinya sendiri maupun tim lain di perusahaan. Setiap perusahaan harus bisa mendukung kinerja sales representatif dengan memberikan motivasi dan juga meminta tim seperti marketing maupun sales leader untuk memberikan bantuan dengan data.

Jika Anda mengikuti blog kami, tentu Anda akan menemukan banyak tips agar sales dapat mencapai kesuksesan. Tapi, kami belum memberikan artikel yang dapat menghambat kesuksesan sales reps yang berawal dari internal perusahaan dan dari dirinya sendiri. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada tim Anda, berikut adalah beberapa penghambat kesuksesan sales representatif.

1. Cara sales representatif menjangkau prospek

Sales reps sudah memiliki peluang yang sangat besar untuk mencapai penjualan. Sayangnya, ia tidak mengerti cara menjangkau prospek dengan cara yang benar. Sebagai contoh, sales reps tidak meminta izin untuk melakukan panggilan atau melakukan meeting dengan waktu yang terlalu mepet yang mengganggu waktu prospek. Cara menjangkau seperti ini lah yang dapat memupuskan peluang yang didapatkan oleh sales reps. Dari yang awalnya berpotensi mencapai penjualan menjadi berpotensi kehilangan peluang.

2. Tim marketing yang hanya memberikan lead MQL yang tidak sesuai dengan SQL

Marketing Qualified Lead (MQL) adalah lead yang setidaknya memiliki 85% profil yang sesuai dengan Sales Qualified Lead (SQL). Jika MQL yang diberikan kepada sales reps berada di bawah 50%, itu artinya tim marketing tidak membantu sales representatif, melainkan menghabiskan waktu sales representatif. Jadi, sesuaikan profil MQL dari tim marketing dengan profil SQL agar penjualan terjadi.

3. Sikap sales reps terhadap prospek

Attitude merupakan bagian penting yang dapat meningkatkan kepercayaan dan rasa hormat prospek terhadap sales bahkan juga menaruh hormat kepada perusahaan. Jika sikap sales di depan prospek tidak baik, bagaimana mungkin prospek akan menggunakan produk yang ditawarkan oleh sales reps? Jangankan melakukan pembelian, untuk mendengarkan penjelasan pun prospek tidak berminat.

Itulah faktor-faktor yang dapat menghambat kesuksesan sales representatif untuk mencapai penjualan yang disebabkan oleh internal perusahaan dan dirinya sendiri. Semoga dengan artikel ini perusahaan dan Anda segera memperbaiki kekurangan dan dapat mencapai penjualan yang lebih baik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com