Return to site

3 Hal Pokok Yang Berpengaruh Pada Kesuksesan Penjualan

Pendekatan dalam penjualan tidak selamanya berjalan baik

· Tips Sales

Pendekatan dalam penjualan tidak selamanya berjalan baik dan tidak pula akan berlangsung negatif dalam setiap prosesnya. Terlepas dari bentuk dan ukuran dalam penjualan yang menjadi target sales, tanpa adanya motivasi serta inovasi-inovasi yang di implementasikan dalam penjualan secara umum, sales akan selalu mengandalkan metode penawaran metode-metode yang berubah-ubah setiap waktu.

 

Tidak konsisten dalam memilih metode penjualan, menjadi salah satu hambatan paling umum yang dialami oleh sales untuk mencapai keberhasilan penjualan. Tidak konsisten disini disebabkan oleh minimnya sumber data yang dimiliki oleh perusahaan atau memiliki data, namun sebagian besar data tersebut sudah tidak berkualitas.

 

Selain masalah tersebut, hambatan lain yang dialami oleh sales adalah tidak ada upaya dari sales untuk mengambil upaya pendekatan yang lebih proaktif untuk meningkatkan penjualan seperti upaya untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dan retensi pelanggan yang sudah ada. Sistem administratif perusahaan juga menjadi penghambat bagi sales untuk meningkatkan produktivitas mereka dikarenakan banyak waktu yang terbuang untuk mengikuti prosedur administratif tersebut.

 

Untuk menghindarinya, tim dan perusahaan harus melakukan perubahan sistem penjualan yang mendasar agar produktivitas tim untuk menciptakan penjualan lebih terbuka. Berikut adalah beberapa budaya perusahaan yang sukses dalam penjualan yang bisa Anda ikuti penerapannya.

 

1. Implementasi teknologi baru dalam sales

Teknologi dalam sales diciptakan untuk mengatasi segala tantangan-tantangan yang dihadapi oleh salesperson dalam bekerja setiap harinya. Ada banyak software yang dapat ditemukan untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin maupun administratif seperti pembuatan laporan. Teknologi lain yang dapat dimanfaatkan adalah software analisa data untuk membantu tim sales melakukan follow up dan memprediksi strategi marketing maupun penjualan seperti aplikasi CRM untuk bekerja lebih efektif dan efisien.

 

Semua teknologi ini apabila diimplementasikan dengan benar, tim sales dapat mengambil tindakan lebih cepat serta pengambilan keputusan yang lebih baik. Bagi perusahaan, Anda jangan pernah mengambil keputusan sepihak untuk memilih teknologi yang akan diimplementasikan. Sertakan tim sales sebelum mengambil keputusan, karena ini penting untuk membantu memudahkan mereka dalam bekerja.

 

2. Pelatihan dan membangun tim solid

Buatlah satu program untuk melatih dan membangun tim yang lebih baik. Jadikan program ini sebagai program rutin perusahaan agar tim Anda lebih terlatih untuk mencapai kesuksesan. Tidak ada kata pengalaman untuk belajar, semua tim Anda membutuhkan pelatihan-pelatihan untuk mengikuti perkembangan dalam dunia sales. Selalu ada hal baru yang terjadi di dalam pasar menjadi alasan mengapa Anda perlu membuat program tersebut.

 

Jika pelatihan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan secara personal, membangun tim yang solid akan memperkuat hubungan sesama tim dalam perusahaan. Dengan tim yang solid, tim akan selalu mencari solusi bersama, bukan hanya dengan bekerja sendiri untuk bersaing menjadi yang terbaik. Kerjasama akan menumbuhkan solidaritas dan menentukan cara yang paling efektif untuk mencapai target yang diberikan oleh perusahaan.

 

3. Keterampilan umum

Selain menguasai keterampilan dalam penerapan teknologi dalam sales, tim Anda juga perlu memiliki keterampilan secara umum. Seperti keterampilan penjualan dengan metode tradisional maupun keterampilan dalam melakukan pendekatan dengan prospek. Mereka harus mendapat pelajaran untuk menjaga hubungan dengan prospek dan pelanggan.

 

Jangan biarkan tim Anda terjebak dalam upaya untuk terus menjual, namun tidak memiliki kemampuan untuk menjaga hubungan. Karena, bagaimanapun menjaga hubungan akan menjadi faktor terbaik untuk menjaga stabilitas penjualan disaat upaya menambah pelanggan baru sedang terhambat.

 

Kesimpulan

Tim sales yang proaktif dan bekerja lebih efisien dengan memanfaatkan teknologi serta kemampuan dari dalam dirinya akan selalu membawa mereka beradaptasi dengan kondisi pasar. Bangunlah tim Anda dengan meningkatkan tiga dasar di atas, Anda pun akan merasakan manfaat dengan semakin membaiknya kinerja tim Anda untuk mencapai target penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com