Return to site

3 Kesalahan Utama Yang Harus Diperbaiki Oleh Sales

Belajar dari kesalahan untuk menjadi sales hebat

· Tips Sales

Sebagai seorang manusia, sudah pasti kita tidak luput dari kesalahan. Tetapi, Anda tidak boleh mempertahankan pemikiran bahwa “kesalahan ini sudah biasa” . Dengan cara pikir seperti itu, Anda tidak akan pernah bisa berkembang dan justru akan terus mengulangi kesalahan-kesalahan tersebut. Seharusnya, kesalahan yang Anda lakukan merupakan salah satu alat untuk Anda belajar dalam memperbaiki kualitas Anda sebagai seorang sales profesional.

 

Jika kita perhatikan, seorang sales yang gagal adalah mereka yang mudah menyerah dalam setiap usahanya. Selain itu, ada beberapa kesalahan utama yang umumnya dilakukan oleh seorang sales, berikut daftarnya:

 

1. Menyerah saat mendapat omelan

Menjadi seorang sales memerlukan mental yang kuat karena banyak hal yang akan dialami selama masa pendekatan. Diantaranya adalah ketika seorang prospek yang mengeluarkan kata-kata yang tidak enak untuk didengar. Perlu Anda ketahui, mendapat “omelan” dari prospek merupakan salah satu bagian untuk membangun mental Anda agar lebih baik. Jika Anda menyerah hanya karena mendapatkan omelan tersebut, Anda tidak akan pernah bisa menjadi seorang sales yang hebat.

 

Ketika Anda mendapatkan omelan dari prospek, cobalah untuk tetap tenang, jika memang kesalahan Anda karena menghubungi diwaktu yang tidak tepat, bertanyalah. Karena dengan bertanya kepada prospek Anda dapat memperbaiki kesalahan tersebut dan juga prospek dapat mengatur waktu untuk Anda.

 

2. Tidak memanfaatkan momen yang tepat

Apakah Anda melihat ketertarikan yang lebih dari prospek untuk produk/layanan yang Anda tawarkan? Jika iya, cobalah untuk belajar lebih agresif menghadapi prospek tersebut. Manfaatkan momen ketertarikannya untuk membukukan penjualan dengan cepat. Ketika Anda mengulur-ulur waktu, momen tersebut bisa saja hilang dalam sekejap karena bukan hanya Anda yang memiliki produk yang dibutuhkan oleh prospek tersebut. Jika Anda yakin solusi Anda adalah yang terbaik, mengapa harus takut menghadapi prospek yang sudah menunjukkan ketertarikannya?

 

3. Terlalu percaya diri dan tidak pada tempatnya

Percaya diri boleh, tetapi Anda harus melihat kondisinya. Anda tidak bisa memaksa kehendak Anda untuk meyakinkan pelanggan hanya karena Anda berpikir bahwa tidak ada produk yang lebih baik diluar sana. Semua produk memiliki titik lemah begitu juga seorang sales. Ketika Anda terlalu percaya diri, bukan tidak mungkin apabila prospek menilai bahwa cara Anda menawarkan produk hanyalah “drama sales” belaka.

 

Itulah kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan oleh seorang sales. Jika sebelumnya ada bagian yang masih Anda pertahankan, benahi sekarang juga. Semakin cepat Anda memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut, semakin baik pula penilaian prospek kepada Anda.

 

Ikuti terus blog kami dan dapatkan informasi menarik lainnya seputar sales, marketing dan CRM untuk meningkatkan kualitas sales Anda. Caranya cukup daftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Flickr.com Ervins Strauhmanis