Return to site

3 Manfaat Dari Kolaborasi Marketing Automation & CRM

Ketika perusahaan mengkombinasikan MA & CRM

· Tips Marketing,CRM di Jakarta,CRM,CRM Di Indonesia

Seiring dengan perjalanan teknologi dalam dunia sales dan marketing, upaya penjualan dan pemasaran kini sudah dapat dikerjakan dengan lebih mudah. Contoh sederhana dalam pemasaran, dengan bantuan konten marketing yang baik, perusahaan tidak perlu mencari lead. Karena, konten tersebut ibarat sebuah magnet bagi perusahaan yang akan membawa lead untuk perusahaan.

Teknologi lain yang akan membawa manfaat lebih untuk tim marketing dan sales adalah Marketing Automation (MA) dan Customer Relationship Management (CRM). Dua teknologi ini membawa perubahan yang sangat signifikan bagi tim sales maupun tim marketing untuk membawa pelanggan serta dalam meningkatkan strategi pemasaran maupun penjualan.

Ketika Anda berhasil menggabungkan/mengkolaborasikan dua teknologi ini, tentu Anda akan mendapatkan manfaat lebih untuk pemasaran dan penjualan. Berikut adalah peran gabungan yang akan Anda dapatkan dari implementasi CRM dan MA.

1. Memperbaiki rencana dan manajemen hubungan dengan pelanggan

Cara Anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan memberikan pengaruh yang sangat signifikan untuk meningkatkan penjualan. Karena, dari komunikasi inilah perusahaan akan lebih mengenal semua kebutuhan dari pelanggan maupun prospek. Perusahaan pun akan lebih mudah untuk menentukan produk yang harus dipertahankan oleh perusahaan, harus mendapatkan pengembangan dan lain sebagainya. Penyesuaian produk ini pun dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memenuhi kriteria produk yang dibutuhkan oleh mayoritas pelanggan-pelanggannya.

2. Memperbaiki lead generation

Tim sales dan tim marketing membutuhkan kerjasama dan akses data yang sama untuk mempelajari proses penjualan dan pemasaran yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Tindakan ini diperlukan untuk memperbaiki tim sales dan tim marketing dalam mengelola lead yang didapatkan. MA dan CRM merupakan teknologi yang masuk dalam kategori business intelligence (BI), di mana di dalamnya terdapat program AI yang akan mengelola data dalam sistem untuk membantu tim sales dan tim marketing memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar proses untuk mencari lead yang berkualitas berjalan dengan lebih baik, efisien dan efektif.

3. Memperbaiki strategi untuk penjualan

Sistem-sistem yang bekerja otomatis dan disertai dengan memasukkan data yang akurat akan membantu tim sales untuk menciptakan strategi penjualan yang lebih baik. Bagaimana pun juga, sistem hanya sebagai alat bantu bagi tim sales, jika tim sales tidak memperbaiki hal-hal penting dalam penjualan, akan sulit juga bagi tim sales untuk memperbaiki strategi penjualan. Demografi dan data-data riwayat penjualan dalam sistem memberikan gambaran untuk tim sales agar dapat menemukan formula yang tepat dalam penjualan.

Apa yang kami sebutkan pada artikel ini hanya sebagian manfaat dari penggabungan marketing automation dengan CRM. Dengan riset yang lebih mendalam yang Anda lakukan, tentu Anda akan mendapatkan macam-macam manfaat lainnya selain isi dari artikel ini. Semoga informasi ini dapat memberikan gambaran kepada Anda mengenai manfaat dari teknologi MA & CRM untuk bisnis, pemasaran dan penjualan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com