Return to site

3 Tren FinTech Yang Harus Anda Perhatikan

Mempersiapkan diri menghadapipersaingan layanan FinTech

· News

Industri Financial Technology (FinTech) tumbuh sangat cepat pada tahun 2018 lalu. Dengan semakin mudahnya akses melalui internet dan juga kemudahan dalam verifikasi melalui smartphone menjadikan layanan FinTech ini tidak mengenal batasan. Pertumbuhan pengguna smartphone yang semakin cepat ini pula yang menjadikan para pelaku bisnis keuangan melakukan perubahan-perubahan penting dalam meningkatkan layanan seperti penyediaan aplikasi mobile banking untuk para nasabahnya. Berdasarkan hasil riset yang dirilis oleh PwC, para pengguna mobile banking mengalami peningkatan dari 10% pada tahun 2017, menjadi 15% pada tahun 2018 lalu. Ini sudah memberikan data yang cukup penting bagi para penyedia layanan keuangan untuk memperhatikan kehadiran FinTech. Tahukah Anda, bahwa ada beberapa tren dalam dunia FinTech yang harus Anda perhatikan jika tidak ingin kalah dalam persaingan. Trend tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Digital Banking

Digital banking memang sudah lama ada, tetapi peningkatan digital banking ini menjadi upaya penting yang harus menjadi perhatian perbankan. Beberapa bank di Indonesia sudah memberikan perubahan-perubahan tersebut yang amat sangat dirasakan oleh para nasabahya. Contoh, tarik tunai tanpa kartu, kemudahan belanja dengan dompet virtual atau bahkan pendaftaran pembukaan rekening tanpa harus ke bank pun sudah mulai diberlakukan. Layanan-layanan seperti inilah yang menjadikan digital banking akan menarik lebih banyak nasabah untuk bank tersebut.

2. Teknologi blockchain

10 tahun lalu, teknologi blockchain hanya dikenal untuk cryptocurrency saja. Namun, seiring dengan kemudahan dan pemahaman khalayak tentang teknologi ini pun kini sudah mulai dikembangkan untuk layanan keuangan. Salah satu perusahaan besar seperti IBM pun sudah menggunakan teknologi blockchain untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Jadi, sangat tidak heran apabila perusahaan-perusahaan layanan keuangan kini mulai beralih pada blockchain untuk pembukuan yang tidak dapat diubah oleh siapapun dan memiliki transparansi yang lebih baik. Jika Anda melakukan riset lebih lanjut, tentu Anda akan menemukan banyak FinTech yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi blockchain ini.

3. Artificial Intelligence

Teknologi AI memberikan peran yang sangat besar terhadap FinTech dan tentu ini akan menjadi bagian penting yang akan menjadi teknologi wajib dalam industri FinTech dalam waktu dekat. Karena, dengan AI ini perusahaan memiliki kemampuan untuk analisa yang lebih baik, pelayanan pelanggan lebih cepat dan lain sebagainya. Teknologi AI ini akan memberikan pengalaman yang sangat besar terhadap perusahaan dan juga pengalaman pelanggan.

Memaksimalkan FinTech dengan teknologi pendukung

FinTech membutuhkan pelanggan dan investor, menjaga hubungan yang baik dengan mereka merupakan hal utama yang harus mendapatkan perhatian penuh. Memaksimalkan perjalanan bisnis dan hubungan dengan pelanggan menggunakan teknologi pendukung seperti Customer Relationship Management (CRM) akan sangat membantu pertumbuhan FinTech ke arah yang lebih baik. Pengalaman pelanggan yang lebih baik dengan dukungan AI pada sistem akan memperbaiki kinerja sales maupun tim dukungan pelanggan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com