Return to site

4 Alasan Mengapa Customer Service Sangat Penting

Memaksimalkan customer service untuk meningkatkan penjualan

4 Alasan Mengapa Customer Service Sangat Penting

Customer Service adalah merupakan sosok penting dibalik keberhasilan seorang sales. Biasanya customer service akan menjadi pintu terakhir setelah perusahaan memiliki pelanggan. Selain kualitas produk, pelanggan memerlukan layanan after sales yang bagus pula. Tidak mungkin pelanggan langsung menghubungi sales secara terus menerus. Kebanyakan, pelanggan akan menghubungi hotline customer service jika ada kendala yang berhubungan dengan produk.

Dari kondisi tersebut, perusahaan tidak boleh menutup mata, latihlah customer service untuk memberikan layanan prima untuk pelanggannya. Karena kesalahan yang dilakukan oleh customer service justru dapat merusak bisnis. Berikut hal-hal yang diperoleh oleh perusahaan jika memperhatikan pelanggan yang menghubungi customer service.

1. Word of Mouth / Referal

Mustahil perusahaan tidak memperhatikan referral pelanggan untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Contohnya, banyak kode voucher referral yang diberikan oleh perusahaan bagi pelanggannya yang berhasil mengajak temannya untuk menggunakan produk atau layanan dari perusahaan. Tapi, tahukah Anda, bahwa untuk mendapatkan referral ini, perusahaan sebenarnya tidak harus mengeluarkan biaya besar atau memberi imbalan kepada pelanggan. Cukup dengan customer service yang baik dan tidak kaku seperti robot serta mampu menyelesaikan masalah pelanggan. Dengan cara tersebut, pelanggan akan merekomendasikan perusahaan tanpa pamrih. Sebaliknya, satu kesalahan dari customer service, pelanggan tersebut bisa menyebarkan kemana-mana baik kepada keluarga, teman maupun rekan kerja.

2. Pesanan yang berulang-ulang

Ketika pelanggan puas dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan melalui customer service-nya, pelanggan dengan senang hati untuk melakukan order kembali yang berulang-ulang. Ketika hal tersebut terjadi, bukankah itu menjadi keuntungan yang berlipat yang diberikan oleh satu pelanggan untuk perusahaan.

3. Perluasan pasar & menambah kuantitas produk

Semakin banyak orang yang mendapat rekomendasi dari pelanggan Anda, maka semakin besar peluang perusahaan untuk memperluas pasarnya. Ketika pasar mulai berkembang, secara langsung perusahaan akan menambah kuantitas produk yang ditawarkan. Perusahaan juga diuntungkan dengan meminimalisir biaya marketing.

4. Mengidentifikasi masalah

Jika perusahaan Anda menerapkan customer service dengan benar, maka perusahaan akan dengan mudah mengidentifikasi masalah-masalah yang dialami oleh pelanggan. Data komplain pelanggan menjadi acuan untuk bisa memperbaiki produk maupun layanan perusahaan. Dengan data tersebut pula, perusahaan dapat mempelajari pola atau tren yang menjadi masalah utama yang terjadi di pasar.

Tidak mudah memang untuk mengolah data dengan cepat, tapi dengan menggunakan CRM pengelolaan data pelanggan tersebut bisa diproses lebih cepat. Sebanyak apapun data Anda jika tidak diproses dengan baik, maka perusahaan tidak akan pernah bisa mengidentifikasi masalah yang dikeluhkan oleh pelanggan.

Itulah 4 hal yang akan didapatkan apabila perusahaan memperhatikan kualitas customer service. Apakah Anda memiliki pengalaman terkait customer service yang berkualitas? Silakan berbagi dengan meninggalkan komentar dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com