Return to site

4 Alasan Mengapa Produk Anda Tidak Laku

· Tips Bisnis

Semua bisnis pasti pernah mengalami masa kelam di berbagai kondisi di mana mereka kesulitan menjual produk atau dalam bahasa umum tidak laku. Perlu Anda ketahui, Produk Anda tidak laku bisa saja karena launching produk yang buruk. Membawa produk ke pasar bukanlah hal yang mudah, tentu ini adalah hal yang sangat mengecewakan bagi semua ketika mengetahui bahwa tidak ada yang menginginkan produk tersebut. Namun, Anda juga perlu ingat bahwa, hanya karena belum ada yang membeli produk Anda, bukan berarti mereka tidak akan pernah mau. Berikut empat alasan mengapa produk Anda tidak laku dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membalikkan keadaan.

 1. Mereka belum mengerti produk Anda

Peluncuran produk yang sukses membutuhkan perencanaan dan implementasi pasar yang cermat selama berbulan-bulan untuk memastikan target Anda mengetahui tentang merek Anda, bagaimana produk tersebut memecahkan masalah mereka, dan keunggulannya dibandingkan merek lainnya. Anda mengidentifikasi masalah ini dengan memantau metrik pada tahap kesadaran konversi. Jika Anda menemukan kinerja yang buruk di seluruh metrik ini dan ROI pada kampanye pemasaran Anda rendah, pertanyakan strategi pemasaran Anda.

2. Branding Anda salah

Konsumen modern sering kali memutuskan untuk membeli sesuatu sebelum mereka melihat dompet mereka, karena ia melihat produk tersebut menarik. Jadi penting bagi Anda untuk membuat merek menawan yang menarik bagi audiens Anda dan membantu Anda menonjol dari pesaing Anda. Jika branding Anda salah, itu mengirimkan pesan yang salah atau pesan yang tidak sesuai dengan target pasar Anda. Temukan bagaimana pasar target Anda memandang merek Anda dengan memantau media sosial. Jika citra merek yang diekspresikan oleh pasar Anda tidak sesuai dengan pesan yang Anda kirim atau, lebih buruk lagi, citra mereknya buruk, Anda harus mengatasi masalah ini dengan cepat. Beruntungnya, branding yang buruk dapat dengan cepat diperbaiki pada tahap awal bisnis Anda dengan bekerja sama dengan perusahaan yang tepat.

3. Desain situs web Anda jelek

Sepanjang perjalanan pelanggan, banyak pilihan untuk kehilangan penjualan. Situs web yang lambat, dengan tautan rusak, atau halaman checkout yang bermasalah dan kemungkinan besar akan menyebabkan calon pelanggan meninggalkan website Anda. Jika Anda mendapatkan banyak klik ke situs Anda tetapi sedikit penjualan, diperlukan audit untuk mengungkap masalah dan memperbaikinya dengan cepat.

4. Mereka belum mempercayai Anda

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, Anda harus berusaha membangun kepercayaan dengan audiens Anda. Orang secara alami skeptis tentang membelanjakan uang untuk produk baru. Membangun kepercayaan merek tidak terjadi dalam semalam, oleh karena itu kampanye Anda harus fokus pada komunikasi yang autentik dan berprinsip untuk menghasilkan kepercayaan. Komunikasi terbuka dan dua arah serta pembangunan komunitas juga mendukung hubungan saling percaya dengan pelanggan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com