Return to site

4 Cara Agar Pelanggan Datang Memilih Produk/Layanan Anda

Tips agar dipilih oleh pelanggan

· Tips Marketing,Tips Sales

Ada dua model perusahaan dalam menawarkan produk untuk pelanggan-pelanggannya. Cara pertama adalah mencari pelanggan dan yang kedua adalah membuat calon pelanggan datang pada perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan mencoba memanfaatkan apa yang mereka miliki untuk mendatangkan pelanggan. Contohnya seperti saat kita ke Mall, tanpa melakukan marketing pemilik toko memiliki kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan atau kita bisa saja menjadi pembeli dari salah satu toko yang ada pada toko yang tidak memasarkan produknya.

 

Pada artikel kali ini, kami ingin memberikan strategi bagaimana agar pelanggan datang kepada Anda untuk memilih produk Anda atau strategi marketing kedua. Barikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

 

1. Jangan menargetkan semua orang

Jangan pernah takut menyempitkan marketing Anda akan menurukan omzet bisnis Anda. Justru menyempitkan marketing pada target yang paling tepat akan lebih baik dibandingkan dengan memasarkan produk untuk semua orang tanpa target yang tepat. Contoh marketing tanpa target, pernah bertemu dengan sales yang menawarkan parfum di Mall? Kira-kira potensi penjualannya bagus atau tidak? Menurut kami tidak, karena mereka menawarkan produk tidak tertaget.

 

2. Membuat prospek terhibur dengan marketing Anda

Kita tahu, pelanggan ingin mendapatkan informasi tentang produk yang Anda miliki. Oleh karena itu buatlah kesan yang melekat terkait produk Anda. Anda dapat memanfaatkan emosi calon pelanggan atau orang yang melihat iklan Anda. Mungkin dengan membuat iklan lucu atau iklan unik yang dapat dengan mudah diingat oleh audiens iklan Anda.

 

3. Menyediakan sumber daya gratis

Berbagi pengetahuan dengan calon pelanggan akan membuat mereka suka kepada Anda secara personal. Ketika mereka merasa bahwa Anda adalah ahlinya, tentu mereka akan memilih Anda tanpa harus memaksa mereka. Strategi yang dapat diterapkan seperti memberikan seminar secara gratis kepada pelanggan/calon pelanggan untuk membantu kesuksesan bisnis yang mereka jalankan atau untuk mengedukasi pelanggan-pelanggan Anda untuk memaksimalkan manfaat produk Anda.

 

4. Membangun profil digital yang kuat

Memiliki profil digital yang baik akan membantu Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan yang membutuhkan produk Anda. Mereka yang membantu memasarkan produk adalah pelanggan-pelanggan Anda yang puas dengan produk/layanan yang Anda tawarkan dengan memberi ulasan di social media baik jejaring social maupun di forum. Semakin bagus kualitas ulasan dari pelanggan semakin banyak pula calon pelanggan yang memilih Anda.

Ilustrasi (c) Pixnio.com Alexandra Maria