Return to site

4 Cara Memotivasi Tim Untuk Menggunakan CRM

· CRM di Jakarta,CRM Software

Di masa lalu, ketika organisasi memperkenalkan teknologi aplikasi berbasis website untuk rutinitas kerja harian mereka, sebagian besar tim tidak terlalu menerima ide tersebut. Sebagian besar dari mereka berpikir itu akan membuat proses kerja mereka lebih kompleks dan mereka lebih baik melakukan hal-hal dengan cara lama. Hal seperti ini juga akan terjadi ketika Anda sebagai leader, meminta tim sales untuk menggunakan software Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM). Mereka menganggap CRM hanya akan membuat kinerja mereka menjadi kompleks dan rumit, tidak jauh berbeda dengan aplikasi berbasis website yang baru dikembangkan beberapa tahun lalu.

Namun, software CRM adalah kebutuhan bagi tim sales saat ini dan betapa pentingnya memilih CRM yang tepat bagi perusahaan tidak dapat diabaikan. Nilai kompetitif pada bisnis saat ini menuntut perusahaan untuk memiliki hubungan pelanggan yang sehat dengan alur kerja bisnis yang disalurkan secara efektif dan itu hanya bisa dilakukan dengan menggunakan CRM yang baik. Karena itu, sebagai team leader atau manajer, sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk memotivasi tim sales untuk menggunakan CRM karena ini adalah yang mereka butuhkan, bukan yang mereka inginkan. Berikut adalah cara-cara di mana Anda dapat membuat tim sales Anda termotivasi untuk menggunakan CRM:

1. Investasikan CRM khusus untuk tim Anda

Langkah pertama adalah memilih CRM yang melengkapi tujuan bisnis Anda. Ada sejumlah solusi CRM yang tersedia. Mereka yang menjalankan bisnis dengan cara yang pintar selalu menggunakan CRM guna menyederhanakan proses dan menggunakan sistem yang memiliki fitur yang sesuai bukan fitur yang kompleks dengan UX/UI yang tidak nyaman bagi tim Anda. Selain itu, jangan lupa untuk melibatkan tim sales saat memilih CRM. Ini tidak hanya akan membantu dalam memilih solusi optimal tetapi juga pada akhirnya, mereka yang akan menggunakannya.

2. Berikan pelatihan yang diperlukan

Tanpa pelatihan, menerapkan CRM seperti meminta tim yang belum biasa bermain social media untuk menggunakannya. Tim sales akan frustrasi jika mereka tidak memahami sistem dan ini akan berdampak negatif pada kinerja mereka, inilah yang membuat alasan mengapa pelatihan CRM sangat penting. Selain itu, bagian penting dari penerapan CRM adalah dengan memberikan pelatihan yang memadai. Pastikan tim Anda dilatih tentang fungsi dan fitur. Ini dapat dicapai melalui beberapa sesi pelatihan in-house dan dengan menyediakan fasilitas e-learning kepada tim.

3. Perlihatkan kepada mereka sisi baik dari implementasi CRM

Penting bagi Anda untuk menyampaikan manfaat pribadi kepada tim Anda dalam menggunakan CRM. Mereka harus menyadari bahwa ini bukan hanya alat manajemen yang terpaksa mereka gunakan, tetapi memiliki sesuatu untuk mereka juga. Misalnya,

  • CRM akan mengurangi lebih banyak tugas manual yang akan memberi mereka lebih banyak waktu untuk fokus pada penjualan produk.
  • Software CRM akan secara otomatis mengambil informasi kontak melalui email dan komunikasi media sosial yang harus dilakukan oleh tim sales secara manual di masa lalu.
  • Mereka akan bekerja lebih efisien karena CRM akan mengotomatiskan banyak tugas mereka seperti mengirim email follow up kepada pelanggan dan menjadwalkan pengingat dan rapat.
  • Mereka akan bekerja dengan lebih terorganisir karena CRM akan menangani semua informasi pelanggan dan riwayat penjualan dalam satu tempat penyimpanan data. Ini tidak hanya akan memastikan bahwa mereka tidak kehilangan informasi penting tetapi juga tetap teratur di satu tempat.

4. Bebas dalam mengirimkan laporan dari mana saja

Sebagian atau 90% dari tim sales harus bekerja di lapangan. Ini membuat mereka kesulitan jika harus bolak-balik kantor untuk melakukan laporan. Dengan menggunakan CRM yang bisa dibuka melalui smartphone akan memberikan mereka kebebasan dalam memperbarui dan mengambil data pelanggan di mana pun mereka berada. Memiliki sistem CRM yang mobile-friendly akan mendorong mereka untuk bekerja sesuai keinginan mereka. Hal ini akan lebih memudahkan mereka danmeyakinkan mereka bahwa CRM hanya akan membantu mereka bekerja lebih efisien dan tidak membebani mereka.

Itulah beberapa cara untuk memotivasi tim sales untuk menggunakan sistem CRM. Sales1 adalah provider CRM yang dapat menjadi pilihan Anda. Karena, selain menyediakan sistem CRM, Sales1 juga akan memberikan pelatihan kepada perwakilan tim Anda untuk menggunakan sistem CRM dengan benar dan sampai ia menguasai. Selain itu, sistem kami juga mendukung sistem Mobile CRM untuk mendorong tim Anda melakukan pembaruan di mana pun tanpa membuang waktu untuk bolak-balik kantor atau memaksa mereka lembur untuk membuat laporan harian. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com