Return to site

4 Cara Untuk Memperbaiki atau Membersihkan Data

Reformasi data perusahaan untuk masa depan penjualan

· Sales Strategy

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan kondisi di mana data-data yang Anda miliki tidak teratur dan campur aduk antara yang berkualitas dan tidak. Meskipun Anda sudah menggunakan sistem seperti CRM berbasis cloud sekali pun, Anda akan tetap mengalami hal serupa, jika semua data dimasukkan tanpa Anda lakukan penyaringan sebelumnya. Mungkin, bagi sales dan marketing yang tidak peduli pada kualitas data, mereka akan merasa bahwa mereka sudah sukses dalam menjalankan tugasnya dengan banyaknya data pada CRM yang sudah mereka simpan. Padahal, kesuksesan sales dan marketer dalam menggunakan CRM bukan bergantung pada banyaknya data yang dimasukkan. Tetapi, kualitas data yang dimiliki adalah yang terpenting.

Ketika Anda sudah terlalu banyak data, tetapi Anda masih gagal bersaing karena tidak dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Anda akan mulai menggali lebih dalam dan mencari penyebab dari kegagalan yang Anda alami. Ini merupakan hal yang sangat umum, ketika sudah gagal, tim baru mencari penyebab. Mereka kurang antisipasi dengan melakukan penyaringan data dengan baik dari awal. Sehingga, ketika sudah banyak data yang tidak berkualitas yang tersimpan, mencari solusi pun menjadi hal yang tidak akurat lagi.

Mencari pokok masalah disaat banyak sekali data yang tidak berkualitas akan menjadi pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu dan menjadi tindakan yang sangat melelahkan. Namun, Jika Anda ingin berbenah, maka Anda harus mulai berbenah dengan melakukan pekerjaan melelahkan tersebut mulai dari sekarang. Karena, jika Anda menunda-nunda untuk memperbaiki data, maka data tidak berkualitas tersebut akan semakin menumpuk dan menjadi pekerjaan yang lebih melelahkan di masa depan. Berikut adalah beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk melakukan pembenahan agar data-data Anda jauh lebih bersih.

1. Temukan dan tandai

Pertama, Anda harus menemukan data yang tidak berkualitas yang sudah Anda simpan pada sistem. Kemudian, tandai data tidak berkualitas tersebut untuk Anda jadikan acuan jika nanti Anda menemukan data serupa.

2. Kumpulkan

Setelah Anda sudah menemukan data tersebut, kumpulan semua data untuk Anda lakukan penyaringan ulang. Ini tidak serta-merta Anda langsung menghapus data yang sudah ditandai, karena bisa saja ada data yang berkualitas namun Anda nilai tidak berkualitas sebelumnya.

3. Perencanaan

Ketika Anda sudah mengumpulkan, selanjutnya Anda melakukan perencanaan ulang untuk mengumpulkan data yang lebih baik. Ini menjadi satu kerangka bagi Anda untuk memperbaiki data di masa depan.

4. Eksekusi data yang tidak berkualitas

Anda sudah memiliki dasar-dasar untuk melihat dan menilai kualitas data, kini saatnya bagi Anda untuk mulai mengeksekusi dengan membersihkan data-data tidak berkualitas tersebut. Termasuk eksekusi untuk mengelola basis data di masa yang akan datang. Karena, ini merupakan masa transformasi dalam perusahaan Anda, maka Anda harus memastikan bahwa semua yang terlibat adalah orang yang tepat. Orang inilah yang nantinya akan menjadi penuntun untuk anggota tim Anda lainnya agar mengikuti cara yang benar dalam memasukkan data.

Ilustrasi (c) Unsplash.com