Return to site

4 Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Customer Management

Mengorganisir setiap pelanggan dalam proses dengan management yang baik

· Customer Service

Sebagai salesperson, Anda tentu akan menghadapi berbagai macam karakter dari lead maupun prospek. Sebagian sangat bersahabat, sebagian lainnya seperti bertemu dengan musuh. Semua ini adalah bagian dari pekerjaan yang seharusnya dapat dihadapi dengan sepenuh hati oleh semua salesperson. Baik atau kurang baik lead/prospek yang didapatkan, mereka adalah calon raja yang harus Anda layani jika sudah melakukan pembelian. Meskipun mereka baru sebatas calon, Anda perlu melayani mereka dengan baik agar timbul keinginan untuk menjadikan Anda sebagai penasihat pribadi untuk setiap keperluannya.

Berawal dari harapan tersebut lah, salesperson harus mulai mengembangkan kemampuan untuk customemer mangement yang nantinya akan menjadi dasar kesuksesan salesperson untuk mencapai penjualan sebaik mungkin. Meningkatkan kemampuan customer management bukanlah hal yang dapat diubah dengan mudah. Semua harus dilakukan mulai dari tahap paling bawah hingga bisa mencapai puncak kesuksesan dalam mengelola pelanggan. Bagaimana cara memulainya? Berikut adalah beberapa tipsnya untuk Anda!

1. Awali dengan mengubah attitude

Attitude (sikap) Anda mendapat penilaian yang sangat besar dari semua prospek dan lead. Jika sikap Anda yang seakan-akan tidak serius dalam menyampaikan solusi, ragu-ragu, tidak tigas dan sikap kurang mengesankan lainnya, maka prospek pun akan mulai merasa tidak yakin dengan apa yang Anda bicarakan.

2. Aktif dalam mendengarkan

Tidak hanya bagus untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dari prospek, aktif dalam mendengarkan ini pun memberikan dampak yang sangat besar terhadap kemampuan Anda dalam mengelola pelanggan. Karena segala informasi dan solusi diawali dari bagaimana cara Anda mendengar keluhan dari semua prospek-prospek dan pelanggan.

3. Selalu memberikan informasi kepada pelanggan dan prospek

Apa yang baru dari produk atau layanan Anda? Apa yang dapat Anda bantu untuk mengatasi masalah prospek maupun pelanggan dengan pembaruan tersebut? Semua ini merupakan langkah strategis dari salesperson untuk membuat mereka lebih senang dan merasa diperhatikan.

4. Ingat, siapa yang membayar Anda!

Jika Anda merasa tidak ingin mengembangkan hubungan, tidak ingin mengelola hubungan dengan pelanggan maupun prospek, kembalilah pada kenyataan bahwa yang membayar produk/layanan Anda adalah pelanggan. Mereka sangat layak mendapatkan pelayanan yang baik dari Anda. Anda tidak diperkenankan untuk bertindak sesuka hati tanpa mengedepankan pelanggan dengan alasan apapun.

Itulah tips untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mengelola pelanggan (customer management) yang dapat kami berikan kepada Anda. Maksimalkan usaha Anda untuk meningkatkan kemampuan ini dengan mulai mengimplementasikan Customer Relationship Management (CRM). Cari tahu informasi lebih lanjut mengenai bagaimana sistem CRM dari Sales1CRM dapat membantu Anda mencapai semuanya dengan baik melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com