Return to site

4 Faktor Yang Menurunkan Produktivitas Tim Sales

Perhatikan apa saja yang menurunkan kinerja tim sales Anda

· sales,Tips Sales,Business Blog
4 Faktor Yang Menurunkan Produktivitas Sales

Waktu adalah merupakan yang sangat penting bagi seluruh aspek dalam bisnis. Terlebih lagi untuk perusahaan yang telah memiliki target besar. Produktivitas semua elemen adalah harga mati khususnya untuk tim sales. Namun, sering kali perusahaan melupakan bahwa ada banyak hal yang membuat produktivitas tim sales menurun. Berikut adalah beberapa masalah utama yang dapat membunuh produktivitas tim sales.

1. Email

Buat pemiliki akun email personal, mungkin email hanya berisi beberapa pesan saja. Berbeda dengan tim sales, mereka akan menerima ratusan email setiap harinya baik dari pelanggan maupun prospek. Ketika berhubungan dengan penjualan, email akan menjadi salah satu pembunuh produktivitas tim sales karena untuk membaca dan merespon email membutuhkan waktu yang cukup lama. Mungkin hal ini tidak berlaku untuk bisnis Anda yang saat ini masih baru atau startup. Ada baiknya Anda melakukan pencegahan dengan teknik membaca dan membalas email dengan cepat pada artikel sebelumnya disini.

2. Admin

Berdasarkan data hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei Amerika Serikat, AtTask and Harris Poll, Karyawan hanya mampu bekerja maksimal sebesar 45% untuk tiap waktu kerjanya. 14% dari mereka kehilangan waktu karena email dan 41% lainnya disebabkan oleh meeting dan tugas administratif lainnya. Itu membuktikan bahwa pekerjaan yang sifatnya administratif di kantor sangat mempengaruhi produktivitas tim sales.

3. Meeting internal

Meeting adalah merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh tim sales, namun pernahkan Anda menghitung berapa banyak waktu yang dihabiskan oelh tim sales untuk meeting internal setiap minggu dan bulannya? Meski meeting sangat penting untuk meningkatkan kinerja penjualan, mengatur strategi penjualan maupun hal apapun yang berhubungan dengan penjualan ada sisi negatif dibelakangnya. Untuk itu, maksimalkan meeting tim sales tidak lebih atau maksimal 1 jam agar produktivitas tim sales Anda tidak menurun.

4. Membuang waktu

Membuang waktu disini bukan tentang salesman Anda tidak bekerja apapun. Tapi, mereka justru membuang waktu hanya untuk melakukan meeting dengan calon pelanggan. Mereka berangkat tanpa tahu apakah calon pelanggan ini akan memberikan efek positif atau justru tidak melakukan pembelian apapun. Untuk itu, coba kurangi jadwal meeting tim sales Anda dengan calon pelanggan yang tidak memiliki potensi jangka panjang untuk perusahaan.

Ada tambahan dari Anda untuk hal-hal yang dapat menurunkan produktivitas tim sales? Silakan tinggalkan komentar Anda. Jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami dengan cara subscribes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com