Return to site

4 Hal Dalam Penyampaian Materi/Konten Presentasi

· Tips Presentasi

Dalam presentasi penjualan, Anda juga perlu menambahkan sebuah seni di dalamnya. Manfaat dari yang Anda lakukan ini adalah audiens yang sedang memperhatikan Anda dalam menyampaikan presentasi menjadi lebih tertarik dan fokus untuk mendengar/melihat pesan yang Anda bawa. Isi dan cara Anda menyampaikan merupakan bagian penting yang akan membawa seni dalam proses presentasi. Tak harus fokus pada suatu produk yang Anda tawarkan, tetapi Anda hanya perlu menambahkan beberapa poin yang relevan dengan produk Anda. Penyampaian konten materi presentasi yang baik dapat menjadi titik balik dari kesuksesan Anda dalam presentasi tersebut. Pada kesempatan kali ini, Sales1CRM.com ingin berbagi tips presentasi untuk menarik perhatian audiens.

 

1. Sebelum mulai menjual, coba perhatikan kekurangan dari produk Anda

Semua produk memiliki nilai negatif/kekurangan dan itu sudah pasti. Anda memproduksi motor, meskipun sudah lolos uji Quality Control (QC), maka dari sisi pelanggan akan memiliki kekurangan. Maka dari itu, sebelum Anda mulai melakukan presentasi dan membahas tentang penjualan, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu apa saja plus-minus dari produk yang Anda miliki. Fokuskan pada kekurangan dari produk Anda serta siapkanlah jawaban akan hal tersebut. Mempersiapkan diri sebelum mendapatkan pertanyaan ini, akan jauh lebih baik dibandingkan harus menjawab secara mendadak yang mana bisa saja membuat Anda salah.

 

2. Tawarkan solusi sebaik mungkin

Jangan hanya membicarakan produk Anda merupakan produk yang berkualitas dan tiada duanya. Ini merupakan metode presentasi yang salah dan harus Anda kurangi atau bahkan tidak pernah Anda lakukan lagi. Presentasi yang baik adalah yang dapat memberikan dan menyampaikan solusi bagi prospek. Ketika mereka mengikuti presentasi Anda, mereka dapat lebih yakin untuk melakukan pembelian apabila Anda menawarkan solusi bukan sebatas menawarkan produk.

 

3. Tingkatkan kualitas presentasi

Kegagalan dalam menjual dapat diakibatkan oleh rendahnya kualitas penyampaian, kualitas materi atau bahkan kualitas produk dan presenter. Jika Anda selalu gagal dalam mempresentasikan produk dengan baik, jangan hanya diam saja. Langkah utama yang harus Anda lakukan adalah dengan berbagi mengenai semua hal yang dihadapi kepada para leader. Leader ini akan membantu Anda untuk melakukan presentasi yang lebih baik dan meyakinkan prospek.

 

4. Buatlah kesan yang baik

Jangan hanya mempresentasikan produk yang tidak memberikan kesan apa pun. Seorang Steve Jobs yang mempresentasikan produk selalu memberikan kesan tersendiri bagi audiensnya. Bagaimana dengan Anda? Jika kesan baik yang didapatkan, maka produk Anda akan lebih mudah untuk terjual.

Ilustrasi (c) Unsplash.com