Return to site

4 Hal Yang Dapat Meningkatkan Produktivitas Tim Sales

· Produktivitas Sales

Produktivitas dan kinerja penjualan telah diidentifikasi sebagai tantangan utama dalam hal mengelola tim sales. Mengingat produktivitas dan kinerja tim sales adalah faktor yang secara langsung mempengaruhi keuntungan Anda, tentunya sangat penting untuk menanganinya dengan benar dan tepat waktu.Itulah mengapa Anda perlu memikirkan berbagai taktik dan strategi yang akan membantu mereka meningkatkan produktivitas tim sales dan tentu saja, ini akan membantu memperbaiki pertumbuhan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas tim sales maupun departemen lainnya.

1. Memperkenalkan proses penyelarasan target antar departemen

Setiap departemen memiliki tujuan yang berbeda meskipun mereka pada akhirnya harus bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan yang sama, menjual lebih banyak dan meningkatkan keuntungan. Namun, mengingat bahwa tujuan individu yang lebih kecil ini tampaknya bertentangan satu sama lain, hal ini pun membuat semua departemen tidak dapat bekerja sepaham. Komunikasi mereka terganggu dan tidak jelas, sementara banyak peluang terlewatkan, dan hal berikutnya yang Anda ketahui adalah produktivitas mengalami penurunan yang akan diikuti penurunan pada keuntungan yang didapatkan perusahaan. Itulah mengapa Anda perlu menyelaraskan semua departemen Anda dan membantu mereka memahami cara kerja masing-masing dan apa yang mereka sampaikan kepada pelanggan. Ini akan memperlancar komunikasi dan menciptakan tujuan bersama.

2. Menerapkan proses penjualan yang konsisten

Produktivitas sangat bergantung pada struktur penjualan perusahaan. Dengan kata lain, salesperson dapat memiliki caranya sendiri dalam melakukan beberapa hal, tetapi mereka harus tetap berpegang pada proses penjualan yang sudah mapan yang ditentukan oleh perusahaan. Karena itulah satu-satunya cara untuk mengukur kinerja mereka secara akurat. Ada baiknya untuk selalu konsisten dalam mengidentifikasi strategi dan taktik terbaik dan membagikannya dengan tim penjualan Anda. Dengan cara ini akan memungkinkan tim Anda untuk mengikuti langkah-langkah konkret yang akan menghasilkan closing pelanggan baru.

3. Otomatiskan proses penjualan

Seperti yang telah disebutkan, salesperson memiliki cara masing-masing untuk menjual dan bisa saja hal tersebut dapat membuang banyak waktu mereka untuk tugas-tugas administratif atau berulang, dan itu dapat menurunkan produktivitasnya. Anda dapat meningkatkan nilai penjualan tim secara signifikandengan menggunakan alat otomasi penjualan yang akan mengatasi kekurangan, dan membiarkan salesperson fokus pada bagian penjualan. Menggunakan CRM juga merupakan suatu keharusan, karena alat ini dapat membantu salesperson mengurus semua tugas yang berlebihan dan bersifat administratif berulang seperti, entri data dan laporan yang dapat menghabiskan waktu mereka.

4. Mengakui hasil yang dicapai oleh tim

Selain melakukan semua hal di atas untuk meningkatkan produktivitas tim sales, penting untuk memotivasi mereka melalui taktik motivasi yang berbeda dan kreatif. Anda perlu membuat mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan berharga bagi perusahaan Anda dengan menunjukkan penghargaan kepada mereka. Orang yang merasa bahwa usahanya diakui akan jauh lebih terlibat dan produktif di tempat kerja.

Ilustrasi (c) Unsplash.com