Return to site

4 Hal Yang Harus Anda Lakukan Untuk Menaikkan Harga Produk/Layanan

· Tips Bisnis

Seiring waktu, harga yang Anda berikan kepada pelanggan bisa jadi tidak lagi mencukupi harga produksi Anda. Sehingga, tidak ada lagi kemungkinan bagi Anda untuk membuat nilai yang mereka harapkan jika mempertahankan harga lama. Semua yang Anda investasikan untuk melayani pelanggan selalu meningkat seiring dengan perjalanan waktu. Dan pada titik tertentu seperti ini lah, Anda harus menaikkan harga produk Anda, seperti halnya pelanggan yang menginginkan nilai lebih dari Anda untuk produk Anda. Mungkin, tidak ada yang senang membayar lebih mahal, tetapi mereka akan menerima jika memang harus demikian untuk menjaga kualitas layanan yang Anda berikan dan juga untuk kebaikan mereka. Disini, kami akan memberikan beberapa cara Anda menaikkan harga dengan pelanggan yang sudah ada saat diperlukan.

1. Informasikan secara personal jangan melalui email jika memungkinkan

Ketika Anda ingin menaikkan harga, jika memungkinkan Anda lebih baik duduk bersama pelanggan untuk memberi tahu mereka bahwa Anda akan menaikkan harga produk/layanan. Namun, jika tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut, karena banyaknya pelanggan yang Anda miliki, Anda dapat mengirimkan surat fisik kepada pelanggan minim 1 bulan sebelum kenaikan harga dilakukan.

2. Percaya diri

Jangan takut untuk menaikkan harga produk jika Anda ingin mempertahankan kualitas produk dan layanan. Anda juga tidak perlu takut pelanggan Anda pergi karena hal ini. Selama Anda masih tetap fokus pada kualitas dan kepuasan pelanggan, maka mereka akan menerima kenyataan tersebut. Tetap lakukan dengan percaya diri dan tidak perlu berbasa-basi untuk mengatakan hal ini kepada mereka.

3. Berbagi alasan mengapa Anda harus melakukan hal ini

Mengapa Anda perlu menaikkan harga? Karena ini adalah untuk terus melayani pelanggan Anda. Anda memerlukan investasi tambahan dari pelanggan Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka, kebutuhan yang telah berubah dari mereka karena ingin mendapatkan hal lebih. Jadi, apa pun alasannya, Anda harus membagikan alasan tersebut kepada pelanggan agar ini dapat menghilangkan pemikiran bahwa kenaikan harga adalah tentang profitabilitas Anda dan bukan hasil pelanggan Anda.

4. Berbagi nilai investasi

Salah satu cara agar pelanggan menyetujui kenaikan harga Anda adalah dengan menjelaskan bagaimana kenaikan itu menguntungkan mereka, yaitu, bagaimana Anda membelanjakan uang mereka. Jadikan kenaikan harga ini sebagai investasi mereka. Ceritakan kepada mereka jika Anda harus membayar lebih untuk mengadakan produk yang baik. Sedangkan jika Anda menyediakan produk dengan harga lebih rendah, ini sudah terbukti tidak memadai dan dibawah batas terendah kualitas Anda yang tentunya akan merugikan pelanggan. Anda harus tahu, bahwa kebanyakan perusahaan yang kehilangan pelanggan dikarenakan mereka mencegah menaikkan harga dan mengurangi kualitas, atau mereka menaikkan harga tetapi tidak ada unsur investasi bagi pelanggan. Jika Anda tidak melakukan kesalahan tersebut, jangan pernah takut kehilangan pelanggan meskipun harga produk Anda harus naik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com