Return to site

4 Teknologi Yang Dapat Membantu Sales Lebih Produktif

· Tips Sales

Penggunaan teknologi dalam penjualan tidak lagi asing yang digunakan untuk meningkatkan penjualan perusahaan dan meningkatkan efisiensi & produktivitas tim sales. Namun, kehadiran beberapa teknologi untuk sales tidak sepenuhnya digunakan oleh kebanyakan perusahaan. Sehingga, penggunaan teknologi untuk sales tidak begitu menghasilkan penjualan yang maksimal. Berikut adalah beberapa teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dan sales manager untuk meningkatkan produktivitas tim sales dan juga untuk meningkatkan penjualan yang dihasilkan oleh tim sales yang perlu diperhatikan oleh semua tim sales dan marketer dan juga para pemilik maupun manager.

1. Customer Relationship Management (CRM)

Saat ini, sebagian besar organisasi penjualan menggunakan beberapa jenis sistem CRM. CRM benar-benar memberikan visibilitas yang lebih baik tentang peluang penjualan dan memungkinkan sales manager untuk memantau kesepakatan. Dengan memantau peluang ini, sales manager dapat meninjau tahapan, probabilitas, dan kecepatan untuk meningkatkan akurasi perkiraan.

Namun, jika Anda hanya menggunakan CRM untuk mendapatkan wawasan tentang peluang penjualan dan menghasilkan perkiraan penjualan yang lebih baik, Anda tidak memanfaatkan potensi penuhnya. Kecuali jika sales manager menggunakan wawasan dari data di CRM untuk secara aktif melatih salesperson untuk pembinaan pengembangan kesepakatan dengan pelanggan.

2. Konferensi Video

Dulu, untuk melakukan konferensi video biasanya membutuhkan peralatan yang mahal. Hari ini, siapa pun dapat melakukan panggilan konferensi video. Ini merupakan peningkatan besar bagi sales manager yang staf penjualannya bekerja dari jarak jauh. Namun, kebanyakan sales manager masih mengangkat telepon atau mengirim email kepada sales representatif. Mereka mengabaikan nilai teknologi video. Bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan tingkat energi semuanya terlihat jelas pada panggilan konferensi video yang tidak dapat dilihat oleh tim jika hanya melalui telepon biasa atau melalui pesan teks dan email.

3. Virtual learning

Salesperson saat ini tidak lagi harus menunggu acara tatap muka atau pelatihan di ruang kantor secara khusus untuk meningkatkan keterampilan mereka. Berkat platform pembelajaran virtual (VLT) dan Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS), sales manager dapat memberikan cara kepada staf penjualan untuk terlibat dalam pelatihan penjualan kapan saja, dari mana saja. Namun, sekali lagi, kuncinya adalah memanfaatkan alat-alat ini untuk memperkuat dan meningkatkan pembinaan dan kolaborasi tim. Tidaklah cukup bagi staf penjualan untuk masuk ke LMS, mengikuti beberapa kuis, dan keluar. Penjual masih membutuhkan keterlibatan langsung dan umpan balik dari manajer untuk meningkatkan keterampilan menjual mereka.

4. Sosial media

Sosial mendia mendapatkan banyak perhatian, terutama karena lebih banyak milenial yang ada di sana untuk melakukan pembelian. Sales manager dapat memberikan arahan yang dibutuhkan oleh tim sales tanpa harus mencoba menggunakan terlalu banyak platform sekaligus. Alih-alih banyak jaringan, fokuslah pada menumbuhkan jaringan pelanggan yang berkualitas tinggi di jaringan sosial target pelanggan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com