Return to site

5 Cara Mempercepat Proses Penjualan

Trik agar proses penjualan lebih cepat

· Tips Sales

Terlalu sering terjebak dengan pelanggan dan tidak memiliki cara untuk segera mengakhiri proses untuk mencapai penjualan? Tetap tenang, ada banyak cara bagi Anda untuk memperbaiki proses penjualan yang Anda alami saat ini. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menerapkan beberapa cara berikut ini:

 

1. Jangan terlalu banyak presentasi, perbanyaklah bertanya

Jangan fokuskan waktu yang Anda miliki hanya untuk menyusun presentasi untuk prospek. Meskipun presentasi berpengaruh untuk menarik perhatian, yang lebih penting adalah Anda harus fokus pada waktu untuk mengutarakan pertanyaan kepada prospek. Memperbanyak materi presentasi artinya membuang waktu bagi prospek dan diri Anda sendiri.

 

2. Follow up dengan cepat

Jangan terlalu lama saat berpikir jika Anda ingin fokus pada pelanggan tersebut. Lakukan follow up secepatnya jika Anda ingin segera merangkul prospek tersebut untuk menjadi pelanggan Anda. Follow up yang dilakukan dengan segera juga dapat membantu mempercepat closing.

 

3. Ambil pesanan kecil jika Anda mampu menjadikan ia prospek di masa depan

Semua pasti ingin mendapatkan penjualan dengan jumlah yang besar. Tetapi untuk mencapai target tersebut pasti akan sangat sulit. Anda dapat memanfaatkan penjualan dengan jumlah kecil dari seorang prospek dan mulai lah untuk terus melayani pelanggan tersebut agar dapat membeli dengan jumlah besar di masa yang akan datang.

 

4. Mempersiapkan diri dengan pertanyaan verifikasi potensi

Banyak sales yang tidak mampu membuat pertanyaan untuk memverifikasi apakah prospek tersebut memiliki potensi atau tidak. Anda dapat menanyakan beberapa pertanyaan berikut untuk memverifikasi potensi dari prospek.

  • Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat keputusan?
  • Bagaimana cara Anda untuk mengambil keputusan seperti saat ini sebelumnya?
  • Apa hasil yang ingin Anda capai?

Apabila Anda ingin mendapatkan jawaban dari prospek untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut, tentu Anda harus bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk bertanya. Sehingga Anda dapat membuat keputusan untuk melanjutkan atau mengakhiri proses.

 

5. Hindari meeting formal yang berulang-ulang, cobalah dengan cara lain

Jangan terus-terusan mengajak prospek untuk meeting secara formal agar Anda menemukan jawaban dengan cepat dari prospek. Cobalah untuk melakukan dengan cara yang lebih sederhana jika Anda hanya membutuhkan sedikit informasi. Seperti melalui telepon, email atau meeting ditempat yang lebih santai.