Return to site

5 Cara Menentukan Metrik Untuk Meningkatkan Produktivitas

Sudah yakin kalau Anda sudah sangat produktif?

· Tips Sales

Mengukur tingkat keberhasilan dalam pemasaran dan penjualan tentu sangat perlu dilakukan. Jika tidak, bagaimana Anda tahu atau memahami apakah penjualan dan pemasaran yang sudah dilakukan berhasil atau tidak. Misal, Anda mendapatkan 100 lead, ini mengalami peningkatan 40% dari pencapaian sebelumnya. Apakah pencapaian ini dapat dikatakan berhasil? Jika menurut Anda berhasil, apakah nilai keberhasilan ini sesuai dengan jumlah penjualan yang Anda dapatkan? Jika tidak, maka pertumbuhan lead yang Anda dapatkan tidak dapat dikatakan berhasil. Untuk itu, kami akan memberikan tips kepada Anda untuk menggunakan metrik yang tepat agar Anda berhasil meningkatkan kinerja Anda dalam memasarkan maupun dalam menjual.

1. Menentukan tolok ukur keberhasilan dari semua elemen pemasaran dan penjualan

Metrik pertama yang harus Anda ukur adalah dengan menentukan tolok ukur keberhasilan tersebut. Apakah Anda fokus pada target rasio closing yang meningkat, tingkat konversi secara keseluruhan, cost per lead, ROI dan Customer Livetime Value (CLV). Jika Anda tidak memiliki tujuan dari semua elemen ini, bagaimana mungkin Anda bisa mengukur tingkat keberhasilan pemasaran dan penjualan Anda?

2. Menemukan area tersembunyi pencapaian target

Menggunakan data yang dimiliki oleh tim sales dan tim pemasaran dapat menjadi bagian yang sangat berpengaruh terhadap cara Anda dalam menentukan metrik penjualan dan pemasaran. Jika Anda tidak menggunakan data, Anda akan sulit untuk menemukan area tersembunyi dari pencapaian Anda selama ini. Untuk itu, gunakan data pelanggan dengan baik dan lakukan segmentasi dengan membandingkan semua hasil yang dicapai dari riwayat penjualan dan pemasaran.

3. Monitoring dan meninjau tolok ukur keberhasilan Anda

Seiring dengan perubahan arah pasar, ekonomi dan kebiasaan pelanggan, data-data yang Anda miliki sebelumnya akan menjadi data pendukung dan bukan lagi data utama yang harus Anda gunakan. Contoh, untuk mengukur CLV tahun ini, tentu akan berbeda dengan CLV 5 tahun lalu. Untuk itu, Anda perlu melakukan pemantauan dan peninjauan keberhasilan secara berkala.

4. Melibatkan tim

Jangan hanya mengandalkan diri Anda sendiri untuk menentukan metrik yang tepat. Libatkanlah tim yang dimiliki baik itu tim marketing, tim sales dan tim customer support. Semakin banyak tim yang Anda libatkan, tentu semakin baik pula dalam menentukan metrik yang dapat meningkatkan keberhasilan penjualan

5. Mengulangi proses dan memperbarui

Setelah Anda berhasil meningkatkan metrik untuk menentukan penjualan, ulangi proses tersebut dan lakukan pembaruan ketika Anda menemukan adanya hal yang tidak efektif. Pastikan pula pembaruan yang Anda lakukan adalah berdasarkan data-data yang berkualitas. Gunakan aplikasi pendukung seperti Customer Relationship Management (CRM) untuk membantu Anda menyimpan data-data pelanggan dan prospek dengan lebih baik dan berkualitas.

Itulah tips-tips untuk menentukan metrik yang dapat mendukung kinerja/produktivitas penjualan dan pemasaran perusahaan Anda. Apakah Anda memiliki saran lain yang ingin ditambahkan? Silakan tinggalkan tips dan ide Anda pada kolom komentardi bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com