Return to site

5 Cara Menyatukan Tim Sales & Tim Marketing

Menyatukan tujuan tim sales & marketing

· Leadership

Memiliki tim sales dan marketing yang tidak akur adalah masalah besar dalam pertumbuhan bisnis perusahaan. Seluruh pimpinan perusahaan serta leader dari tim sales dan marketing bertanggung jawab untuk menyatukan kedua departemen ini jika ingin meningkatkan pertumbuhan penjualan. Alasan terbesar mengapa kedua tim ini sering salah paham dan cenderung berkompetisi adalah minimnya komunikasi atau tatap muka dalam perusahaan. Untuk itu, mulailah dengan mengubah sudut pandang mereka dari yang awalnya berkeinginan untuk berkompetisi menjadi bekerjasama dengan baik. Bagiamana cara yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut?

1. Berkomunikasi dua arah

Komunikasi adalah fakta sederhana yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk menyatukan tim sales dan tim marketing. Tim marketing membutuhkan info dari tim sales untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Seperti informasi cerita di lapangan, apa yang membuat gagal, apa yang tidak disukai prospek dan lain sebagainya. Dengan komunikasi, hal-hal tersebut akan menjadi koreksi bagi tim marketing untuk memperbaiki pekerjaannya.

2. Menyamakan tujuan

Organisasi dapat menyelaraskan penjualan dan pemasaran untuk mendorong komunikasi dan menyatukan usaha keduanya dalam mencapai tujuan perusahaan. Seperti dengan dokumentasi komunikasi internal yang dapat dikembangkan oleh kedua tim untuk berbagi informasi yang relevan. Misal, tren industri dan data penjualan, intelijensi konsumen dan lain sebagainya.

3. Luangkan waktu untuk berkumpul

Dalam perusahaan skala yang lebih kecil, tim sales dan tim marketing harusnya dapat berkomunikasi dengan baik untuk menciptakan peluang baru dalam bekerja. Oleh karena itu, sangat penting bagi leader dan pimpinan perusahaan untuk menyatukan mereka dalam sebuah wadah komunikasi yang baik. Seperti dengan meeting bersama, makan bersama atau hal-hal lainnya yang dapat mengumpulkan kedua tim untuk membahas pekerjaan.

4. Menggunakan dasbor laporan yang sama

Tidak perlu lagi bagi Anda untuk membuat laporan berbeda-beda dari tim sales dan marketing. Jika Anda ingin menyatukan kedua tim ini untuk bekerja maksimal, buatlah dasbor laporan yang sama dalam satu tempat dan terpusat. Anda dapat menggunakan spreadsheet jika memang itu layak untuk Anda gunakan saat ini. Cara lain yang lebih efektif dan efisien dalam mengelola data laporan tim sales dan marketing adalah dengan mengimplementasikan CRM yang berbasis cloud. Sehingga kapan pun tim bekerja, mereka dapat membuat laporan secara real-time.

5. Tim sales harus menjangkau tim marketing dari awal

Tim sales harus siap berkolaborasi dengan tim marketing untuk menciptakan materi kampanye yang sesuai. Tim marketing tidak bisa memahami kebutuhan pelanggan seperti yang dimiliki oleh tim sales. Dengan alasan inilah tim sales harus siap menjangkau tim marketing untuk menciptakan materi kampanye atau marketing yang sesuai dengan kebutuhan audiens di lapangan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com