Return to site

5 Cara Untuk Mendorong Hasil Lebih Baik Dari Peluncuran Produk Anda

· Tips Bisnis

Meluncurkan produk baru bukanlah keputusan yang mudah. Karena, bagi sales ini menjadi tantangan baru dan juga mempertaruhkan banyak hal khususnya untuk sales yang belum memiliki pengalaman. Kesalahan dalam meluncurkan produk baru akan membuat produk tersebut tidak laku dan menjadi salah satu produk gagal yang Anda tawarkan. Pada artikel 2017 lalu, kami telah memberikan artikel mengenai strategi untuk meluncurkan produk baru, yang mungkin dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda sebelum melanjutkan membaca artikel ini. Guna memperkuat strategi Anda, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum launching produk baru.

1. Ketahui siapa audiens Anda dan apa yang mereka inginkan

Marketer tahu bahwa mereka perlu mempelajari semua yang mereka bisa tentang pelanggan ideal yang ingin mereka dapatkan. Tetapi ketika Anda memulai penelitian itu, aspek kunci dari ide produk Anda perlu ditangani dengan baik. Anda harus memvalidasi bahwa produk yang Anda kembangkan akan memecahkan masalah bagi calon pelanggan tersebut. Produk atau layanan yang membantu orang menghemat waktu, menghemat uang, atau membuat tugas lebih mudah memberikan nilai.

2. Targetkan persona pembeli Anda dengan lebih efektif

Ingin membuat calon pembeli Anda tertarik? Luangkan waktu untuk menggali lebih dalam siapa mereka melalui penelitian persona. Survei, umpan balik media sosial, ulasan konsumen, dan wawancara pribadi semuanya berguna di sini. Setelah Anda mengidentifikasi dan menentukan audiens target Anda, Anda akan berada di posisi yang lebih baik untuk membuat pesan yang otentik dan bermakna yang dapat Anda sampaikan melalui saluran yang tepat.

3. Putuskan bagaimana produk Anda harus diposisikan

Memposisikan produk Anda secara akurat akan membutuhkan riset kompetitif dan penetapan harga. Tapi, Anda juga ingin menceritakan kisah produk Anda berdasarkan garis besar yang jelas. Pada titik ini dalam proses, cerita itu mungkin tampak sederhana atau jelas bagi Anda. Tapi itu bisa menjadi bagian penting dari teka-teki bagi audiens Anda. Beri tahu mereka mengapa produk Anda dibuat sejak awal. Masalah apa yang benar-benar membantu mereka atasi? Apa yang membuatnya lebih baik atau berbeda dari produk lain dalam kategorinya?

4. Susun rencana strategis untuk peluncuran produk Anda

Setelah Anda lebih yakin bahwa audiens yang ideal akan melihat produk Anda berharga, Anda harus merencanakan peluncuran produk, mengembangkan kampanye pemasaran yang menarik, kemudian mengawasi kampanye tersebut.

Apakah Anda percaya bahwa beberapa perusahaan tidak membuat rencana strategis untuk membawa produk ke pasar? Jangan menjadi salah satu dari mereka. Ikuti rencana yang dibangun berdasarkan analisis pasar dan riset kompetitif. Berusahalah untuk memperjelas proposisi nilai, pesan, dan peta jalan produk Anda sehingga Anda dapat membawanya ke pasar secara efektif dan dengan tujuan.

5. Buat pesan otentik yang membantu produk Anda menonjol

Renungkan profil pelanggan ideal yang telah Anda buat. Keputusan apa yang Anda buat tentang penentuan posisi? Apakah produk ditujukan kepada audiens Anda dengan cara yang unik? Apakah itu membedakan Anda dari kompetisi? Apakah itu berbicara dengan persona dan segmen pasar yang paling Anda minati untuk dibujuk? Pastikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dibuat jelas melalui pesan Anda sejak awal.

Ilustrasi (c) Unsplash.com