Return to site

5 Elemen Yang Perlu Dperhatikan Sebelum Membuat Perencanaan Bisnis

Perencanaan yang baik akan menuntun pada penjualan

· Tips Marketing

Perencanaan bisnis akan menuntun Anda untuk melakukan determinasi perjalanan bisnis ke arah yang lebih baik. Apabila Anda kehilangan elemen-elemen penting dalam perencanaan bisnis ini, maka Anda juga akan kehilangan potensi untuk bisa membuat perencanaan yang baik. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa elemen penting yang harus Anda utamakan dalam perencanaan bisnis agar perencanaan yang Anda buat jauh lebih efektif untuk membawa bisnis terus tumbuh.

1. Melakukan riset pasar

Perencanaan bisnis yang Anda buat harus memuat target pasar atau pelanggan yang ingin Anda dapatkan. Selain itu, juga harus memilii peta kompetisi yang terdapat pada pasar Anda. Dengan riset pasar ini Anda akan lebih selektif dalam memilih target pasar untuk menentukan niche pasar Anda sendiri. Kekuatan pasar Anda nantinya akan bertumpu pada niche bisnis yang menjadi pembeda antara bisnis Anda dengan bisnis lainnya.

2. Perencanaan pemasaran yang baik

Struktur perencanaan pemasaran yang baik akan menuntun Anda pada hasil pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ini harus menjadi dasar utama dalam perencanaan bisnis Anda. Ada banyak metode dalam pemasaran yang bisa Anda gunakan dalam menjalankan bisnis. Tetapi, yang penting bukanlah menggunakan semua cara dalam pemasaran namun lebih memilih bagaimana untuk menghemat budget pemasaran akan tetapi dapat menghasilkan penjualan yang lebih baik.

3. Meminta masukan dari pelanggan-pelanggan awal yang Anda dapatkan

Sebelum Anda memperluas bisnis maupun pemasaran produk, coba minta masukan dari pelanggan-pelanggan yang telah melakukan pembelian produk Anda. Dari mereka Anda akan mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki dari sisi produk sehingga ketika Anda sudah siap untuk memperluas pasar juga diimbangi dengan kesiapan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

4. Perencanaan bisnis yang sederhana tetapi dikerjakan dengan konsisten

Bukan seberapa banyak perencanaan yang Anda buat, tetapi bagaimana Anda mengambil tindakan sesuai dengan perencanaan tersebut. Pada masa-masa awal perjalanan bisnis Anda hanya perlu membuat perencanaan bisnis yang sederhana akan tetapi sesuai dan dikerjakan dengan konsisten.

5. Fokuskan pada pelanggan

Jangan hanya memikirkan strategi untuk mengembangkan bisnis Anda saja, tetapi jadikan perencanaan bisnis Anda ini untuk membuat pelanggan lebih puas dengan produk maupun layanan yang Anda berikan. Jika hanya fokus pada produk tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan, tentu perencanaan Anda ini hanya akan sia-sia.

Ilustrasi (c) Unsplash.com