Return to site

5 Kiat Untuk Menjadi Salesperson Yang Sukses

Cara menjalani karir sebagai sales dengan baik

· Motivasi

Meskipun Anda sudah memiliki pengalaman yang cukup panjang dalam dunia penjualan, Anda tetap saja tidak akan mampu mengontrol tren pasar atau bahkan hal-hal yang dapat mengubah kondisi pasar. Akan tetapi, sebagai sales ada beberapa hal yang dapat Anda kontrol yaitu produk yang Anda jual dan juga mengontrol tingkat kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi salesperson yang lebih handal dalam penjualan, maka Anda perlu fokus pada penjualan dan hubungan dengan pelanggan-pelanggan Anda. Selain itu, Anda juga perlu menguasai beberapa hal berikut ini sebagai penunjang keberhasilan Anda sebagai salesperson.

1. Memperjelas tujuan yang ingin Anda capai

Tujuan dalam kehidupan pribadi serta tujuan dalam karir seseorang tentu akan berbeda. Akan tetapi tujuan kehidupan pribadi dapat menjadi motivasi yang sangat besar terhadap tujuan karir yang Anda jalani. Artinya, Anda perlu memperjelas tujuan yang harus Anda capai baik itu tujuan pribadi dan juga tujuan dalam mengerjakan tugas Anda sebagai sales. Sehingga, Anda akan menemukan cara terbaik dan yang paling efisien untuk bisa mencapainya.

2. Memiliki target yang harus dicapai

Seorang sales tidak akan pernah lepas dari yang namanya target. Ini sudah mandarah daging dalam semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Dengan memiliki target yang jelas tentu Anda akan selalu mengolah strategi dan termotivasi untuk mencapai target tersebut.

3. Tidak bergantung pada pola yang sama

Setiap prospek memiliki cara sendiri untuk melakukan pembelian. Keberhasilan penjualan pun harus dilakukan dengan pola-pola berbeda sesuai dengan karakter dari prospek. Jika Anda melakukan penjualan dengan pola yang sama untuk semua prospek, ini sangat tidak menutup kemungkinan Anda akan gagal.

4. Jangan takut untuk menolak prospek

Anda menemukan banyak prospek, bukan berarti semua prospek tersebut harus Anda jadikan pelanggan. Ketika Anda merasa bahwa ada yang tidak sesuai antara prospek dengan tujuan Anda, bukan hal terlarang apabila Anda menolak prospek tersebut. Menolak prospek yang dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan pun dapat menjadi solusi yang sangat baik untuk menjaga kualitas pelanggan Anda.

5. Mudah mengembangkan jaringan

Berkenalan dengan banyak orang akan membantu mempermudah pertemuan dengan prospek-prospek baru. Memang, cara ini tidak bisa terjadi secara cepat. Karena, ada kalanya orang-orang yang menjadi kenalan Anda tersebut belum membutuhkan saat ini. Namun, untuk jangka panjang, dengan banyaknya orang yang Anda temui dan yang mengenal Anda, mereka akan tahu kemana harus menghubungi jika sudah membutuhkan produk/layanan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com