Return to site

5 Program Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan meningkatkan retensi pembelian

Menjaga pelanggan yang sudah kita miliki akan lebih sulit dibandingkan dengan menjaring pelanggan baru. Selain itu, pelanggan lama adalah yang lebih potensial dibandingkan dengan prospek-prospek yang belum melakukan pembelian sama sekali. Pembelian ulang yang nantinya akan dilakukan oleh pelanggan lama bisa berjumlah berkali lipat dibandingkan prospek yang akhirnya closing.

Alasan utama mengapa retensi pelanggan lama lebih potensial dikarenakan pelanggan lama sudah mengerti produk, kualitas dan bagaimana Anda melayani mereka. Meski demikian, Anda jangan sampai lengah, karena sekali mereka merasa tidak diperhatikan, pelanggan Anda pun akan pergi mencari perusahaan lain yang lebih memperhatikan mereka. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, berikut 5 program yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

1. Membuat event sebagai bentuk apresiasi Anda terhadap pelanggan

Berikan waktu satu hari untuk pelanggan Anda sebagai bentuk apresiasi Anda terhadap pelanggan-pelanggan terbaik Anda. Event ini tidaklah harus yang mewah, Anda dapat membuat event sederhana seperti memberikan harga khusus tiap tanggal dimana pelanggan Anda pertama kali melakukan pembelian. Tetapi, jika Anda memiliki dana yang cukup, Anda dapat mengumpulkan pelanggan-pelanggan prioritas Anda dalam satu tempat seperti seminar atau open house perusahaan.

2. Loyalti program

Mungkin bagi Anda yang suka berbelanja online Anda akan menemukan poin dari hasil belanja Anda. Begitu juga ketika Anda sering menggunakan kartu kredit untuk transaksi Anda juga akan mendapatkan poin yang dapat ditukar dengan hadiah. Cara-cara tersebut adalah bentuk loyalti program yang dapat Anda manfaatkan.  Karena dengan cara ini mereka akan termotivasi untuk terus melakukan pembelian demi mengejar target agar mendapatkan gift dari perusahaan.

3. Menawarkan referral

Program referral ini sering kita temui dalam bisnis online, kami akan memberikan contoh dari salah satu penyedia email hosting yang memberikan tambahan pengguna serta kapasitas penyimpanan lebih bagi pelanggannya yang berhasil mengajak rekan maupun keluarga untuk menggunakan jasa mereka. Selain bisnis online, cara ini ditemukan pada sistem MLM yang membangun jaringan dikalangan pelanggannya. Berikan manfaat yang baik dari hasil referral yang didapatkan dari pelanggan-pelanggan Anda. Karena mereka Anda mendapatkan pelanggan baru yang mungkin sangat potensial untuk bisnis Anda.

4. Sebut pelanggan Anda pada website atau social media (Khusus B2B)

Untuk Anda yang memiliki pelanggan dari kalangan bisnis, Ada baiknya jika Anda menyebutkan perusahaan pelanggan Anda pada kesempatan tertentu. Seperti ucapan selamat pada saat pembukaan cabang baru, ucapan selamat ketika mendapatkan penghargaan dan lain sebagainya. Dengan cara ini, selain Anda membantu marketing pelanggan, pelanggan akan semakin senang dengan layanan Anda.

5. Diskon khusus pelanggan prioritas

Cara paling sederhana adalah dengan memberikan diskon khusus bagi pelanggan-pelanggan yang dimiliki. Pastikan Anda membuat diskon yang tertarget dengan melihat skor pelanggan menurut perusahaan.

Ilustrasi (c) Pixabay.com