Return to site

7 Cara Untuk Menjadi Sales Hebat

Ini yang dilakukan oleh sales pro

· Tips Sales

Salesperson terbaik akan selalu berusaha untuk memperbaiki cara menghadapi permainan dalam sales. Mereka tidak pernah merasa puas dalam menjaga kemajuan atau keterampilan baik dalam hal penjualan maupun kemampuan untuk dirinya sendiri. Bagi Anda para pemula atau yang membutuhkan informasi tambahan untuk menjadi salesperson hebat, berikut adalah tips dari kami yang dapat Anda terapkan.

1. Jadilah salesperson yang "asyik" untuk pelanggan

Salesperson hebat memiliki kemampuan untuk membentuk sebuah koneksi yang menghubungkan dirinya dengan prospek/pelanggan. Ia tidak hanya dikenal sebagai seorang penjual produk tapi juga dikenal sebagai teman yang baik untuk pelanggan yang bisa diajak mengobrol diluar masalah bisnis.

2. Disiplin

Sales representatif (sales reps) memang jarang memiliki waktu untuk bersantai karena ia harus bertemu dengan prospek di berbagai tempat setiap harinya. Namun, tugas tersebut bukanlah hambatan untuk selalu bekerja tepat waktu dan menjaga sikap disiplin dari dalam dirinya. Salesperson hebat dapat menjaga etika kerja dan terus bersikap disiplin demi kepuasan pelanggan/prospek.

3. Fokus

Mengingat volume dan aktivitas salesperson yang sangat padat, sangat mudah bagi salesperson untuk kehilangan fokus mereka dalam bekerja. Sedangkan untuk menjadi salesperson yang hebat, ia dituntut untuk fokus pada semua tugas-tugasnya baik saat ada waktu luang maupun saat sibuk dengan jadwal yang padat.

4. Kompetitif

Menjadi salesperson bukan hanya mengandalkan skill dalam diri mereka sendiri. Tetapi harus siap dalam menghadapi segala tantangan dalam industri maupun internal perusahaan.

5. Sabar

Prospek tidak semua dapat menerima apa yang Anda katakan. Terlebih lagi saat mereka sudah menjadi pelanggan. Salesperson harus siap menghadapi komplain pelanggan. Kekuatan kesabaran salesperson selain dapat meningkatkan loyalitas pelanggan juga dapat membantu perusahaan mendapatkan reputasi positif dari pelanggan.

6. Semangat

Penolakan, komplain dan hal-hal negatif yang diterima oleh salesperson bukanlah untuk merendahkan posisi. Tetapi, Anda harus menjadikan hal negatif tersebut sebagai penyemangat diri Anda untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan, diri sendiri dan pelanggan.

7. Pandangan terbuka

Kebanyakan salesperson membuat kesalahan dengan hanya memberikan informasi bertubi-tubi tentang produk yang ia miliki kepada prospek dan tidak memberikan waktu kepada prospek untuk menceritakan masalah yang ia hadapi. Padahal, untuk sukses menjual tidak hanya dengan berjualan, tetapi berpikiran terbuka serta menerima masukan-masukan dan mendengar keluhan prospek adalah bagian penting bagi sales dan perusahaan untuk menciptakan peluang yang lebih besar dalam mencapai penjualan.

Ilustrasi (c) Pixabay.com