Return to site

7 Hal Yang Perlu Anda Selesaikan Sebelum Membuat Strategi Penjualan

Mencari tahu titik kelemahan penjualan

· Tips Sales,Tips Marketing

Kita sudah memasuki pertengahan semester I tahun 2018 ini, bagaimana penjualan yang Anda dapatkan hingga saat ini? Apakah ada dari Anda yang masih belum memiliki arah untuk mulai melakukan penjualan dan hanya fokus pada strategi yang belum tersusun dengan rapih? Jika ia, sebelum Anda melanjutkan untuk menyusun strategi yang lebih jauh, coba untuk melihat beberapa poin berikut ini untuk mengetahui bagaimana bisnis dan pasar yang perlu Anda temukan jalan keluarnya.

1. Apa ada pasar lain yang bersedia menerima produk Anda?

 Ada banyak pasar yang bisa Anda jangkau pada tahun ini jika Anda bersedia melakukan pekerjaan dengan baik. Jika Anda merasa ada indikasi kegagalan pada strategi yang sudah Anda susun sejak tahun lalu, ubahlah!. Mulailah untuk mencari pasar lain yang bisa Anda masuki untuk memperluas pasar atau sebagai cadangan pasar saat Anda kehilangan pasar lainnya.

2. Pemahaman pasar tentang produk Anda

Cari tahu posisi produk dan bagaimana cara pasar menilai produk/layanan yang Anda pasarkan saat ini.  Jika pemahaman pasar masih kurang, artinya Anda masih membutuhkan marketing lanjutan yang dapat menambah pemahaman pasar terhadap produk Anda.

3. Cari tahu pelanggan terbaik dan mengapa ia pantas menjadi pelanggan terbaik

Anda pasti memiliki banyak pelanggan yang salah satu diantara mereka adalah pelanggan yang memberikan keuntungan lebih banyak kepada Anda. Bagaimana loyalitas pelanggan tersebut dan berikanlah perlakuan yang lebih baik untuk mereka. Ini perlu dilakukan agar Anda mendapatkan nilai lebih dari pelanggan tersebut.

4. Jika prospek Anda masih enggan membeli saat memiliki minat, apa yang harus Anda lakukan agar mereka bersedia melakukan pembelian?

Coba Anda ingat kembali alasan-alasan dari semua prospek yang lepas dari Anda diluar prospek yang tidak berkualitas. Ketika Anda sudah menemukan prospek yang berkualitas dan hampir melakukan pembelian, mengapa ia memutuskan untuk tidak membeli kepada Anda dan apa penyebabnya. Ini sangat penting Anda lakukan untuk menemukan solusi internal bagi perusahaan Anda.

5. Faktor penghambat

Ketika Anda mengalami perlambatan pertumbuhan dan penjualan coba cari tahu faktor apa saja yang menyebabkan keterlambatan tersebut. Anda harus mulai mencari dari faktor internal karena ini biasanya sering lepas dari pengawasan. Setelah faktor internal berhasil Anda selesaikan, mulailah untuk merambah pada faktor eksternal.

6. Perbandingan Industri/ekonomi yang terjadi

Perhatikan kondisi pasar yang Anda hadapi saat ini dan mulailah untuk menganalisa pasar sebelumnya. Bandingkan apa yang Anda hadapi tahun ini akankah sama dengan tahun sebelumnya atau memiliki tanda-tanda negatif/positif. Jika Anda menemukan tanda negatif, buatlah strategi yang lebih baik dan jangan hanya mengandalkan strategi yang sebelumnya sudah Anda lakukan.

7. Lepasnya pelanggan

Ketika Anda menemukan pelanggan yang sudah lama tidak melakukan pembelian, Anda harus mulai mencari tahu kemana pelanggan tersebut. Apakah ia sudah memiliki vendor lain untuk kebutuhannya atau memang persediaan produk Anda masih mereka miliki.

Itulah 7 hal yang harus Anda perhatikan dan perlu Anda tanyakan pada diri Anda sendiri sebelum menyusun strategi untuk seluruh tim Anda. Lacak semua proses dengan memanfaatkan aplikasi CRM agar Anda dapat dengan mudah melakukan analisa pasar sebelum Anda menyusun strategi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com