Return to site

7 Perilaku Sales Yang Meningkatkan Kepercayaan Prospek

· Strategi Sales

Perilaku sales dapat menarik minat prospek sejak pertama kali melakukan obrolan atau ketika bertemu secara langsung dalam meeting. Jika Anda mengharapkan penjualan dapat terjadi dengan cepat dan ingin segera mendapatkan kepercayaan dari prospek, maka Anda harus memperlihatkan beberapa perilaku berikut ini.

1. Jual produk pada orang yang ingin melakukan pembelian

Anda harus menjadi salesperson yang memahami siapa yang akan memiliki kesempatan besar untuk melakukan pembelian dan mana yang tidak. Dari proses ini Anda akan menghasilkan potensi yang lebih besar dalam mempercepat proses penjualan. Selain itu, menjual pada orang yang ingin melakukan pembelian artinya Anda fokus pada prospek jangka panjang ketika ia menjadi pelanggan Anda. Ubah perilaku penawaran Anda dan fokuskan pada usaha untuk menemukan dan memperbanyak waktu Anda dengan orang yang membutuhkan produk bukan hanya sebatas prospek.

2. Kenali produk luar dan dalam

Anda harus mengenali seperti apa produk Anda dan bagaimana cara Anda dalam menjual produk tersebut. Produk knowledge akan mencerminkan pemahaman Anda terhadap manfaat dan solusi dari produk/layanan yang Anda tawarkan. Ketika Anda tidak mampu mengenali produk Anda sendiri, bagaimana prospek percaya dengan kualitas produk tersebut?

3. Bertanggung jawab atas semua kesalahan

Menjadi sales jangan merasa paling benar dan jangan pula menjadi orang yang selalu salah. Yang benar adalah Anda harus bertanggung jawab jika melakukan kesalahan dan tidak perlu merendahkan diri dengan selalu merasa salah. Cukup tunjukkan tanggung jawab Anda dan lanjutkan proses dengan baik dan selesaikan masalah yang dialami prospek.

4. Follow up mana yang harus Anda tindak lanjuti lebih lanjut

Jika Anda ingin menjual kepada satu target pelanggan yang Anda anggap sebagai prospek berkualitas, maka segera tindak lanjuti prospek tersebut. Jika Anda merasa ada masalah pelanggan yang belum selesai, segera tindak lanjuti masalah tersebut dan hubungi pelanggan secepat mungkin. Hal ini akan mendorong sikap disiplin dalam diri Anda yang juga dapat menambahkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan.

5. Memberi dan menerima

Jangan menjadi sales yang hanya ingin menerima dari pelanggan, tetapi Anda harus menjadi salesperson yang mampu memberi. Apa yang harus Anda berikan? Bukan uang atau diskon yang mereka minta. Pelanggan hanya ingin Anda memberikan pelayanan yang baik, kualitas yang baik dan meningkat serta hubungan baik. Dengan hal-hal ini, pelanggan yang senang dengan pemberian Anda, akan menjadi pelanggan yang berkualitas dan loyalitas yang tinggi.

6. Buat pelanggan membutuhkan layanan Anda

Jangan biarkan pelanggan mencari solusi dari perusahaan lain. Kunci mereka dengan memberikan pelayanan yang positif dan jadikan mereka membutuhkan layanan Anda. Dengan demikian, pelanggan Anda akan lebih fokus pada produk dan layanan yang diberikan dan menjadikan Anda sebagai partner terbaik untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

7. Bersikap baik dengan kompetitor

Jika pelanggan membandingkan produk Anda dengan kompetitor, jangan membalas dengan memberikan serangan terhadap kompetitor. Bersikap baiklah dan jangan merendahkan kompetitor Anda. Cukup buktikan dengan apa yang Anda miliki tanpa harus melakukan serangan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com