Return to site

Aktivitas Tim Yang Dapat Dipantau Dengan CRM

Memantau tim dalam satu sentuhan!

· CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta,CRM,Leadership

Memantau aktivitas tim tentu mudah dilakukan jika tim yang di bawah kepemimpinan Anda hanya 1 – 5 orang. Tetapi, jika sudah mencapai 20 orang anggota tim dalam satu departemen, pemantauan kinerja pun akan sulit untuk dilakukan. Tenang, bagi Anda para sales leader, marketing leader maupun pemangku jabatan perusahaan yang ingin memantau kinerja tim sales, tim marketing maupun customer support dengan mudah meskipun berjumlah puluhan anggota tim, Anda hanya perlu mengimplementasikan CRM untuk melakukan pemantauan. Ingin tahu lebih lanjut mengenai aktivitas apa saja yang dapat dipantau dengan CRM, berikut daftarnya untuk Anda.

1. Memantau kapan saja anggota tim memperbarui aktivitas

Bagi perusahaan yang belum mengimplementasikan CRM untuk timnya, mereka membutuhkan laporan harian yang harus dikirimkan setiap akhir jam kerja. Itu pun jika tim memperbarui pekerjaan pada hari yang sama. Kejadian ini tentu membuat leader menunggu seluruh tim memperbarui laporan aktivitasnya setiap hari di akhir hari kerja yang dapat menyita waktu atau harus bekerja lembur. Dengan sistem CRM, tim Anda dapat memperbarui aktivitas dengan lebih cepat atau bisa dilakukan di mana pun dengan memperbarui sistem CRM yang mendukung versi web dan mobile CRM.

2. Pantauan jumlah aktivitas penjualan

Berapa bayak penjualan yang dihasilkan oleh tim Anda? Laporan ini dapat menunggu waktu yang panjang atau bahkan harus menunggu akhir bulan untuk menghitungnya. Dengan sistem CRM, Anda tidak perlu lagi melakukan pengecekan secara manual. Setiap proses penjualan yang terjadi, dapat diperbarui pada sistem CRM yang akan memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan setiap harinya.

3, Jumlah tugas dan kegiatan yang harus dilakukan oleh tim

Tanpa penggunaan CRM, banyak perusahaan yang memberikan tugas berlebihan kepada tim sales dengan fokus pada pengalaman yang dimiliki. Padahal cara ini tidak baik untuk mental tim di masa depan. Contoh, sales A mendapatkan 10 tugas dalam 1 hari, sedangkan anggota tim lainnya hanya mendapatkan 5 tugas dalam 1 hari dan banyak tugas yang tidak sesuai dengan keahliannya. Hal ini pun menjadi pemberian tugas yang salah dan tidak akan efektif untuk mencapai penjualan.

4. Membandingkan kinerja tim

Bagaimana cara Anda untuk mengukur kinerja tim jika tidak memiliki data aktivitas yang diperbarui secara rutin? Untuk mengukur performa hari ini dengan kemarin pun Anda akan mengalami kesulitan. Namun, dengan kehadiran CRM, Anda dapat membandingkan kinerja tim Anda dari satu hari ke hari lainnya dalam satu genggaman saja.

5. Jumlah waktu yang dihabiskan untuk masing-masing proses

Proses yang sangat cepat, proses yang sangat lambat merupakan bagian yang sulit untuk diprediksi. Dikarenakan CRM memiliki riwayat data yang tersimpan dan diperbarui oleh tim. Kondisi ini pun akan memudahkan Anda yang ingin melakukan pengecekan rata-rata waktu yang dihabiskan oleh tim untuk bekerja.

Masih kurang? Silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com untuk mengenal funsgi sistem CRM kami dalam memantau aktivitas tim sales.

Ilustrasi (c) Unsplash.com