Return to site

Alasan Mengapa Anda Harus Memimpin Kesepakatan

Jangan sampai berada di bawah pengaruh prospek

· Tips Sales

Anda sudah mendapatkan peluang untuk mencapai kesepakatan dengan prospek. Tetapi, Ini masih belum dapat diartikan sebagai kesepakatan. Karena kesepakatan itu terjadi ketika pelanggan mengatakan siap membayar produk Anda sesuai dengan ketentuan harga yang sudah Anda berikan. Ketika mereka mengatakan membutuhkan produk Anda, tetapi belum menyatakan kesiapannya untuk membayar, itu berarti Anda belum mencapai kesepakatan. Bisa jadi pada tahap ini Anda mendapatkan penawaran dari prospek agar Anda mengurangi harga produk atau meminta diskon.

Pada proses ini pula Anda mendapatkan ujian yang sebenarnya sebelum membukukan penjualan. Apakah Anda akan mengikuti permintaan prospek atau bisa membawa prospek tetap mengikuti aturan Anda sebagai seorang penjual. Artinya, apakah Anda bisa menjadi pemimpin kesepakatan atau justru menjadi pengikut demi tercapainya kesepakatan.

Berikut adalah alasan mengapa Anda harus memimpin jalannya kesepakatan ketika proses penjualan mendekati fase akhir.

1. Anda pemilik produk dan yang mengetahui harga yang tepat untuk produk tersebut

Perlu Anda ketahui, produk yang Anda jual merupakan produk yang berada di bawah kekuasaan Anda. Artinya, prospek tidak akan memahami berapa biaya untuk menciptakan produk/memberikan layanan untuk kebutuhannya. Jika Anda mengikuti permintaan prospek untuk memberikan harga yang lebih murah, maka Anda telah mengorbankan biaya yang sudah Anda keluarkan untuk menciptakan produk atau untuk memberikan layanan.

2. Anda memiliki hak untuk mempertahankan harga, apapun kondisinya

Ketika Anda bertemu dengan prospek yang mengatakan harga produk/layanan dari Anda terlalu mahal, itu bukan berarti Anda harus takut produk tidak laku. Bagaimana pun, penetapan harga merupakan hak dari Anda sendiri. Hak prospek untuk menawar produk/layanan Anda, tetapi Anda perlu mengingat bahwa Anda juga memiliki hak untuk mempertahankan harga produk.

3. Harga mencerminkan nilai dari produk Anda

Apakah Anda pernah menemukan harga produk yang dibanderol dengan harga cukup tinggi memiliki nilai rendah? Hampir mustahil untuk menemukan produk dengan model tersebut. Artinya, setiap harga yang sudah ditetapkan oleh produsen maupun penyedia layanan, tentu sudah dikalkulasikan untuk memberikan kualitas dan nilai yang baik. Jika Anda mengikuti permintaan pelanggan untuk menurunkan harga, itu artinya Anda sendiri yang telah merusak nilai dari produk Anda tersebut.

Itulah 3 alasan mengapa Anda harus menjadi pemimpin dalam proses akhir untuk mencapai kesepakatan yang dapat kami berikan. Semoga tips ini membantu Anda mengambil keputusan yang lebih bijak untuk memaksimalkan layanan kepada pelanggan dan membantu mendorong pendapatan perusahaan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com