Return to site

Alasan Mengapa Strategi Penjualan Anda Gagal

Mempertahankan strategi yang gagal atau mencari tahu penyebabnya? 

· Sales Strategy

Penting bagi perusahaan untuk memberikan pengarahan dan edukasi terhadap tim salesnya untuk memahami cara menjual. Pimpinan perusahaan juga harus menjadi inspirasi bagi timnya. Karena tim merupakan bagian terpenting untuk perusahaan agar mampu menjual dengan baik dan menjalankan strategi dengan benar. Akan tetapi, apabila strategi Anda gagal, itu bukan selamanya kesalahan dari tim sales. Bisa jadi kesalahan tersebut karena faktor-faktor lain yang dapat berakibat pada kegagalan strategi Anda.

 

Berikut adalah 5 alasan yang menyebabkan strategi penjualan Anda mengalami kegagalan.

 

1. Terlalu sering mengubah strategi

Banyak perusahaan yang gagal menjalankan strategi penjualan mereka karena mereka terlalu mudah dan sering mengganti strategi penjualan mereka. Sehingga tidak ada waktu bagi tim sales untuk mendalami strategi tersebut dan berakibat pada kegagalan.

 

2. Pasar tidak membutuhkan produk yang Anda jual

Banyak startup dan bisnis yang megalami kegagalan dalam menjalankan bisnis karena mereka tidak memperhatikan produk apa yang ia jual. Mereka terlalu membanggakan produk dengan iming-iming yang sangat tinggi kepada pelanggan-pelanggannya, tetapi hasil dari produk tidak sesuai dengan apa yang sudah pasarkan. Hal ini pun mengakibatkan pelanggan berhenti membeli dan pasar pun tidak mengharapkan produk Anda lagi.

 

3. Membuat produk yang tidak mengalami perubahan

Untuk beberapa produk tertentu, memang perusahaan wajib menjaga produk tersebut tetap sama dan tidak mengalami perubahan, seperti produk makanan. Namun, untuk kategori produk lainnya, perusahaan harus membuat pengembangan-pengembangan baru. Jika perusahaan menutup mata dan membiarkan produk mereka tetatp tidak mengalami perubahan, bukan tidak mungkin jika perusahaan mengalami kesulitan dalam menjual sekalipun strategi yang digunakan merupakan strategi Andalan.

 

4. Strategi penjualan sudah tidak sesuai dengan kondisi pasar

Anda boleh menjadikan data  strategi penjualan lama sebagai acuan untuk membuat strategi baru mengikuti tren pasar. Tetapi, Anda tidak boleh menjadikan strategi lama Anda sebagai acuan 100% untuk strategi penjualan saat ini. Karena, strategi tersebut bisa jadi sudah tidak sesuai dengan kondisi pasar saat ini.

 

Itulah beberapa alasan mengapa strategi penjualan Anda mengalami kegagalan. Jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami dengan cara mendaftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini!

Ilustrasi (c) Flickr.com Creative Common