Return to site

Alasan Untuk Mengejar Prospek Berkualitas

Mencapai penjualan dengan prospek berkualitas secepatnya!

· Tips Sales

Anda sudah menemukan satu profil prospek yang memiliki potensi untuk menjadi prospek berkualitas, ini merupakan kesempatan besar bagi Anda untuk mengejar mereka. Karena, dengan tindakan yang lebih intens inilah Anda dapat mengambil kesempatan pencapaian penjualan yang lebih besar daripada kompetitor. Dari sekian banyak prospek yang Anda dapatkan, prospek berkualitas merupakan potensi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Mengapa Anda harus mengejar prospek-prospek berkualitas? Ini jawabannya untuk Anda!

1. Memiliki potensi jangka panjang

Penjualan yang terjadi hari ini juga diharapkan bisa berlangsung untuk periode waktu yang panjang. Hal seperti ini tidak akan terjadi jika Anda hanya fokus pada penjualan dari pelanggan biasa yang hanya akan melakukan pembelian sekali. Prospek berkualitas lebih cenderung untuk memilih dan mencari mitra, bukan hanya sebatas penjual. Artinya, mitra merupakan bagian penting bagi prospek untuk mengurangi proses melakukan pembelian secara berulang-ulang.

2. Memperpendek proses pencapaian penjualan

Prospek berkualitas cenderung ingin segera mencapai hasil dalam proses yang ia jalankan. Ibaratnya, jika Anda membutuhkan waktu 6 bulan dalam proses pendekatan dengan prospek biasa, ini akan jauh lebih cepat jika Anda menjalani proses dengan prospek berkualitas. Dari proses 6 bulan tersebut, bisa Anda pangkas menjadi 3-5 bulan jika melayani prospek berkualitas dengan tepat.

3. Potensi keuntungan tidak terbatas dari hasil retensi

Satu hal penting yang bisa didapatkan dari prospek berkualitas adalah potensi untuk mendapatkan keuntungan yang tidak terbatas. Apa yang dimaksud keuntungan yang tidak terbatas? Keuntungan yang bisa Anda dapatkan secara berkelanjutan. Contoh, jika Anda mencapai penjualan dengan nilai besar anggap saja Rp100.000.000,- dalam satu transaksi pelanggan biasa, dengan menghasilkan penjualan dari prospek berkualitas yang fokus pada kerja sama jangka panjang, jika dalam 1 kali pembelian menghasilkan Rp25.000.000,- berapa banyak keuntungan yang Anda dapatkan jika ia melakukan pembelian sebanyak 10 kali atau bahkan jika mencapai ratusan kali dalam setahun? Tentu ini jauh lebih baik dibandingkan pembelian besar tetapi hanya berlangsung satu kali saja.

Cara menentukan prospek berkualitas

Untuk menentukan prospek berkualitas, Anda harus menilai dari segi komunikasi, profil dan lead scoring berdasarkan data-data proses yang dimiliki oleh tim marketing dan juga data yang dikumpulkan oleh tim sales. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan prospek berkualitas adalah melalui penyimpanan data proses pada sistem terpusat seperti dengan implementasi aplikasi/platform CRM. Bagaimana sistem CRM bekerja untuk tim sales dalam membantu menemukan prospek berkualitas? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com. Tim kami akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai fungsi CRM dan bagaimana memilih platform yang tepat untuk bisnis Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com