Return to site

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Branding Di Era Digital

Branding efektif menghadapi perang bisnis digital

· Tips Marketing

Branding sudah pasti harus dilakukan oleh semua pelaku bisnis baik itu UKM, UMKM, startup atau bahkan enterprise. Karena dengan branding inilah perusahaan akan lebih dikenal oleh calon pelanggan. Branding bukan hanya tentang pemasaran, tetapi juga bagaimana calon pelanggan atau target pelanggan bukan hanya melihat produk yang ditawarkan tetapi juga agar mereka lebih percaya kepada perusahaan. Ketika pemasaran dilakukan, belum tentu calon pelanggan akan langsung percaya terhadap produk yang dipasarkan tersebut. Itulah mengapa branding memiliki fungsi yang lebih kompleks daripada pemasaran dan Anda pun harus bisa membedakan antara branding dengan pemasaran.

Mengembangkan branding di era digital ini jauh lebih menantang dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu sebelum masa sosial media, email dan internet ada. Di era digital banyak sekali starutup yang dapat tumbuh dengan cepat namun di sisi lainnya, banyak perusahaan lama yang tidak mampu bertahan meskipun sebelumnya sudah memiliki basis pelanggan yang cukup besar. Lalu, bagaimana cara agar Anda dapat mengantisipasi hal tersebut dan melakukan branding yang tepat di era digital? Berikut tipsnya untuk Anda!

1. Jangan takut mendapat kritik

Kritik yang membangun, kritik “pedas”, kritik yang tidak relevan semua adalah bagian dalam bisnis yang harus Anda terima. Untuk itu, ketika Anda mendapatkan berbagai macam kritikan di berbagai platform baik itu email, forum daring, sosial media dan sebagainya, Anda tetap harus percaya bahwa semua kritikan tersebut merupakan bagian yang harus Anda terima.

Anda tidak pernah tahu, bagaimana cara prospek potensial mengawasi Anda di sosial media maupun forum daring, Jika Anda tidak bersedia menerima kritikan dari orang-orang yang merasa tidak mendapatkan pelayanan yang baik, atau respon Anda di sosial media tidak sesuai dengan harapan prospek potensial tersebut, maka kepercayaan yang sudah tumbuh dalam dirinya akan mudah hilang.

2. Melakukan metode promosi yang efisien dan efektif

Anda tidak perlu mempromosikan produk dengan cara masif, tetapi yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana cara untuk mempromosikan produk sebaik mungkin dengan cara yang efisien dan efektif. Karena, ada banyak media yang bisa digunakan dengan menggunakan sosial media. Jika Anda mengikuti semua masukan dengan mempromosikan di berbagai sosial media tersebut, tentu biaya yang Anda keluarkan pun akan besar. Untuk itu, fokuskan pada mana yang menghasilkan pelanggan lebih banyak daripada harus mempromosikan secara masif tetapi tidak efektif.

3. Memiliki ciri khas produk dan perusahaan

Apa yang harus Anda tawarkan kepada pelanggan, metode seperti apa yang harus Anda pilih untuk menciptakan ciri khas tersendiri untuk produk dan perusahaan? Ini merupakan bagian penting yang tidak boleh lepas dari bisnis Anda. Ciri khas ini akan menumbukan kepercayaan yang lebih tinggi dari para pengguna sosial media dan forum. Ciri khas ini pula yang nantinya akan membuat bisnis Anda lebih sulit untuk ditiru oleh perusahaan lain. Sekalipun kompetitor meniru Anda, mindset pelanggan akan tetap ada pada brand Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com