Return to site

Kesiapan Bisnis Menggunakan Aplikasi CRM Di Indonesia

Minimnya UMKM di Indonesia yang menggunakan CRM

· CRM Di Indonesia

Perusahaan-perusahaan besar di luar negeri saat ini sudah sangat familiar dengan aplikasi CRM (Customer Relationship Management). Kondisi ini sangat berbeda dengan pelaku bisnis di Indonesia. Penggunaan aplikasi CRM di Indonesia saat ini masih sangat minim terutama untuk kalangan pelaku bisnis UMKM dengan nilai pendapatan tahunan yang berkisar Rp2.5 miliar hingga Rp50 miliar.

 

Padahal, penggunaan CRM untuk UMKM membuka kesempatan yang lebih besar untuk memiliki pelanggan yang loyal. Aplikasi CRM juga dapat mengubah proses untuk pelanggan dari orientasi terhadap produk menjadi orientasi jangka panjang dengan menjaga hubungan pelanggan. Selain itu, persaingan bisnis dan juga perkembangan teknologi informasi menjadi salah satu  faktor pergeseran pelaku bisnis saat ini untuk mulai berorientasi pada hubungan dengan pelanggan.

 

Pergeseran ini pun memberikan dampak yang sangat besar kepada perusahaan. Karena dengan loyalitas pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan keuntungan dan kemudahan dalam memasarkan produk-produk baru. Karena konsep utama CRM adalah untuk hubungan marketing, Teknologi CRM Modern (Cloud Based CRM) memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan dan mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan pelanggan secara terus menerus.

 

CRM tradisional di masa lalu memanfaatkan catatan tim sales dan marketing untuk menyimpan kontak pelanggan. Kontak-kontak tersebut di simpan untuk mengirimkan materi promosi perusahaan di masa yang akan datang. Hadirnya komputer mengubah cara perusahaan dalam menyimpan data pelanggan pada spreadsheet. Hadirnya email kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dengan mudah dan cepat.

 

Teknologi CRM tidak berhenti sampai disitu saja, saat ini kebanyakan aplikasi CRM telah mengadopsi teknologi cloud dan dilengkapi dengan analisis berdasarkan data yang disimpan dalam aplikasi tersebut. Analisis ini pun memudahkan perusahaan dalam melihat kinerja penjualan yang telah dicapai oleh tim sales dan marketing.

 

Kesiapan UMKM Dalam Implementasi Aplikasi CRM Di Indonesia

Seperti yang kami sebutkan di awal artikel ini, penggunaan Aplikasi CRM di Indonesia saat ini masih sangat minim. Hal ini pun sesuai dengan hasil riset yang dilakukan oleh Magister Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Rianto dan Djoko Budiyanto Setyohadi dalam riset yang bertajuk Journal of Information System Engineering and Business Intelligence yang dirilis online pada April 2017 lalu. Dalam riset tersebut menyebutkan bahwa kegiatan yang berhubungan dengan CRM dari kalangan UMKM berdasarkan dimensi intelektual, social dan teknologi masih sangat rendah. Yang artinya pelaku bisnis di Indonesia terutama UMKM belum siap untuk menggunakan teknologi CRM.

 

Bagaimana dengan Anda? Sudah siapkah Anda mengimplementasikan CRM untuk meningkatkan bisnis dan keuntungan Anda dalam menghadapi persaingan pasar di Indonesia? Atau, Anda merupakan salah satu orang yang belum siap mengimplementasikan CRM? Jika iya, silakan hubungi kami melalui email hi@sales1crm.com, kami akan membantu Anda menjelaskan apa itu CRM dan mengapa perlu mengimplementasikan CRM untuk bisnis Anda di Indonesia.

Ilustrasi (c) Unsplash.com