Return to site

Aset-Aset Dalam Bisnis Yang Harus Dijaga

Aset mana yang menjadi perhatian Anda?

· Tips Sales

Aset merupakan harta penting bagi pelaku bisnis yang harus dijaga agar bisnisnya tetap berjalan dan tumbuh. Berdasarkan jenis, aset terbagi menjadi dua bagian, dimana aset yang pertama adalah aset fisik dan yang kedua adalah aset non-fisik. Perusahaan wajib menjaga aset fisik maupun aset non-fisik ini untuk menjaga eksistensi bisnis dan membawa bisnis terus tumbuh di tengah persaingan yang sangat ketat seperti saat ini.

Lalu, aset apa saja yang perlu diutamakan oleh perusahaan untuk menjaga kinerja bisnis tetap baik? Berikut adalah beberapa daftarnya untuk Anda.

1. Pelanggan

Pelanggan adalah aset nomor satu yang harus Anda jaga dengan baik. Karena, setiap pelanggan akan membawa keuntungan, yang artinya dapat menjaga bisnis Anda tetap berjalan. Sebanyak apa pun aset perusahaan mulai dari gedung, uang dan aset-aset lainnya, jika tidak ada pelanggan, semua aset tersebut akan lenyap untuk menutupi kerugian yang dialami karena tidak memiliki pelanggan.

2. Uang dan properti

Untuk aset ini, tentu sudah sangat jelas dan umum, jadi kami rasa tidak perlu lagi kami jelaskan dengan terperinci. Yang perlu kami ingatkan kepada Anda adalah mengelola keuangan dengan baik dan memastikan agar bisa menekan biaya operasional, tetapi tetap menjaga efektivitas, produktivitas dan efisiensi perusahaan untuk tetap tumbuh.

3. Audiens

Sepintas Anda mungkin berpikir kalau audiens bukanlah siapa-siapa. Padahal, audiens berisikan pelanggan-pelanggan Anda saat ini dan juga calon pelanggan potensial yang bisa saja menjadi pelanggan Anda di masa depan. Tanpa audiens, iklan Anda tidak akan berguna, sebagus apapun metode kampanye yang Anda lakukan, kalau tidak ada yang melihat apakah akan berhasil? Itulah mengapa kami menyebut audiens sebagai aset penting untuk bisnis Anda dan perlu dijaga dengan baik.

4. Data dan informasi pelanggan

Jika dari poin #1-#3 membutuhkan biaya untuk mendapatkannya, pada aset ini Anda dapat mendapatkan secara gratis. Tetapi, Anda membutuhkan kerja keras dan keahlian komunikasi yang baik untuk mendapatkan aset ini. Anda juga harus berhati-hati dalam mengelola aset ini. Karena satu kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan dan tim akan berakibat fatal.

Itulah daftar aset yang harus dijaga oleh pemilik bisnis, tim sales dan tim marketing untuk membawa pertumbuhan yang lebih baik untuk perusahaan yang dapat kami berikan. Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar Anda apabila ada hal lain yang ingin Anda tambahkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com