Return to site

Bagaimana AI Meningkatkan Produktivitas Tim Sales

AI dan pengaruhnya terhadap salesperson

· Tips Sales,News

Dunia sales mengalami perubahan dengan kehadiran Artificial Intelligence (AI). Meski demikian, masih banyak salesperson yang menganggap bahwa posisi sales akan lebih terancam karena kehadiran AI ini. Padahal, AI merupakan teknologi yang hadir untuk membantu sales dalam bekerja bukan untuk mengambil alih posisi sales. AI membawa perubahan bagi salesperson karena ia dapat bekerja lebih efektif dan dapat menambah produktivitas secara personal.

Bagaimana bisa AI meningkatkan produktivitas salesperson dalam bekerja? Berikut alasannya!

1. Mempercepat proses untuk memilih prospek berkualitas

Memilih prospek berkualitas tentu membutuhkan waktu yang cukup lama jika dilakukan dengan cara pemilihan/penyaringan prospek secara manual. Namun, dengan kehadiran AI yang dapat melakukan penyaringan secara otomatis, tim sales dapat menemukan prospek dengan cara yang lebih mudah dan singkat. Salah satu sistem AI untuk menyaring prospek berkualitas ini sudah terdapat dalam sistem aplikasi CRM.

Apakah AI dalam sistem CRM ini dapat melakukannya dengan otomatis? Ya, penyaringan dapat dilakukan secara otomatis. Namun, terkait data, tim sales lah yang bertanggung jawab untuk memasukkan data tersebut. Semakin berkualitas data yang dimasukkan oleh tim sales, semakin besar pula peluang AI untuk menemukan prospek berkualitas dengan lebih akurat.

2. Memperbaiki inteligensi sales pipeline

Managemen pipeline menentukan keberhasilan penjualan yang akan dicapai oleh salesperson. Pipeline yang berkualitas juga memudahkan salesperson untuk memprediksi kapan ia akan mencapai closing. Sistem AI dapat menganalisis poin-poin data yang terkait dengan konversi transaksi dan menyaringnya menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti oleh tim sales dalam menentukan waktu yang tepat untuk closing.

3. Sales leader dapat melatih timnya mencapai penjualan dengan baik melalui data pada AI

Sistem AI menganalisa semua proses data yang masuk secara terus-menerus tanpa henti. Bahkan, AI juga dapat menghimpun data dari semua departemen yang berhubungan dengan penjualan. Pemilihan data berdasarkan faktor-faktor yang menunjang penjualan, data sales dengan performa terbaik, apa saja yang menunjang keberhasilan dari tim sales dan lain sebagainya. Dengan data yang lengkap seperti ini, sales leader dapat melatih tim dengan cara yang lebih mudah.

Poin-poin yang kami sebutkan pada artikel ini hanya berupa beberapa poin dasar saja. Dengan teknologi yang lebih canggih di masa depan, tentu hasil yang dicapai pun akan berbeda dengan apa yang dirasakan oleh tim sales saat ini. Untuk itu, jangan pernah takut dan terancam dengan kehadiran AI dalam dunia sales. Sebaliknya, berbahagialah dengan kehadiran AI, karena Anda dapat menjadi salesperson dengan tingkat akurasi penjualan yang lebih besar dengan bantuan AI.

Bagaimana, apakah Anda masih tidak bisa menerima kehadiran AI dalam dunia sales? Silakan tinggalkan komentar di bawah ini! Anda yang setuju juga bisa menyampaikan pendapatnya pada form komentar.

Ilustrasi (c) Unsplash.com