Return to site

Bagaimana Cara Komunikasi Yang Efektif Dengan Pelanggan

Mengupayakan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan

· Tips Sales

Komunikasi adalah kunci dalam semua bisnis. Perusahaan akan tumbuh apabila komunikasi internal maupun eksternal terjalin dengan baik dan menciptakan hubungan positif di dalamnya. Seperti hubungan antara pimpinan dengan manager, manager dengan tim, antar tim/departemen dan lain sebagainya. Selain komunikasi internal, komunikasi yang krusial dan harus dibangun oleh perusahaan adalah komunikasi dengan para pelanggan-pelanggannya. Karena, bagaimana pun juga, tanpa pelanggan maka perusahaan tidak akan bisa membukukan penjualan.

Mempelajari bagaimana cara berkomunikasi dengan pelanggan adalah bagian penting untuk menciptakan penjualan. Tetapi, komunikasi saja tidak cukup untuk menghasilkan seorang pelanggan untuk bisnis Anda. Anda juga harus memahami bagaimana cara berkomunikasi yang sukses setiap saat agar dapat menciptakan penjualan.

Pentingnya komunikasi yang efektif dengan pelanggan

Kemampuan komunikasi yang baik merupakan dasar utama untuk menumbuhkan bisnis Anda. Apabila Anda berkomunikasi dengan baik, tingkat kesuksesan bisnis Anda pun akan mengalami peningkatan. Karena, komunikasi dapat membawa pelanggan-pelanggan Anda lebih percaya kepada Anda dan lebih yakin untuk terus menggunakan produk/layanan yang Anda miliki. Komunikasi yang kuat dengan pelanggan juga dapat memudahkan Anda dalam mempromosikan brand di masa depan, mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan yang sudah ada dan lebih memahami hal-hal yang menjadi masalah bagi pelanggan.

Bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dengan pelanggan?

Berikut adalah beberapa tips agar Anda dapat berkomunikasi dengan baik untuk mengembangkan bisnis dan menjaga hubungan dengan pelanggan-pelanggan Anda.

1. Jangan hanya terpaku pada satu channel

Jangan jadikan kebiasaan Anda untuk berkomunikasi dengan orang-orang sekitar sebagai alat komunikasi dengan pelanggan. Anda harus bisa menjangkau pelanggan dengan memanfaatkan berbagai channel seperti email, telepon, surat, media sosial dan lain sebagainya. Temukan kebiasaan pelanggan Anda dan jangkaulah mereka sesuai dengan kebiasaannya tersebut.

2. Komunikasi yang lebih personal

Penting bagi Anda untuk berkomunikasi lebih personal dengan pelanggan-pelanggan Anda. Selain menyebut mereka dengan sebatas panggilan seperti “Pak/Bu”, Anda juga perlu menyebut nama pelanggan sebagai bentuk penghormatan yang lebih personal dengan mereka. Selain itu, Anda juga perlu memahami kebiasaan mereka dalam melakukan pembelian, apakah mereka lebih cenderung melakukan pemesanan melalui email atau melalui telepon. Kebiasaan pemesanan ini dapat menjadi jembatan penghubung untuk Anda agar lebih mudah memahami cara mana yang dapat Anda gunakan untuk mengawali pembicaraan.

3. Jangan hanya berbicara tentang bisnis

Ada banyak topik di luar bisnis yang dapat Anda bahas dengan pelanggan-pelanggan Anda. Dengan berbicara di luar topik urusan bisnis ini, Anda dapat mengembangkan hubungan yang lebih baik dan membuat pelanggan-pelanggan merasa lebih dekat dengan Anda.

Itulah tips-tips cara komunikasi yang efektif dari kami, apabila ada tips lain yang ingin Anda sampaikan, Anda dapat menambahkan pada komentar di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com