Return to site

Bagaimana Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Penjualan?

· Tips Sales

Dalam survei yang dirilis oleh Accenture dan CSO Insights mengindikasikan bahwa 75% dari CSO menargetkan setidaknya 5% pertumbuhan pendapatan tahunan. Namun, untuk berhasil mencapai pertumbuhan ini, perlu ada peningkatan fokus pada efisiensi dan efektivitas penjualan, baik di dalam organisasi penjualan dan di seluruh perusahaan. Untuk bisa mencapai hal tersebut, tentunya dibutuhkan berbagai macam langkah yang harus dilakukan oleh semua tim yang bekerja di perusahaan tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan oleh perusahaan agar dapat mencapai efisiensi dan efektivitas dalam penjualannya.

1. Identifikasi proses penjualan yang tepat

Pertama, meningkatkan efektivitas, dalam hal ini Anda tidak dapat terus melakukan hal yang sama berulang kali dan mengharapkan hasil yang berbeda setiap kali. Untuk meningkatkan efektivitas, para leader untuk tim penjualan perlu menguraikan proses penjualan yang konsisten dan kemudian menetapkan tujuan penjualan di sekitar kegiatan tersebut atau yang terkait dengan tujuan penjualan tertentu.

2. Memberikan pelatihan yang tepat untuk tim sales

Perlu Anda ketahui, pelatihan berkelanjutan dapat menghasilkan penjualan bersih lebih tinggi per tenaga penjualan. Sebagai seorang sales leader, Anda harus tahu apa yang perlu dilakukan untuk memberikan pelatihan tersebut. Anda juga harus paham bahwa ada tim Anda yang mungkin tidak memahami bagaimana mengeksekusi proses agar dapat mencapai penjualan dengan baik. Untuk menunjang proses pelatihan ini, Anda dapat memberikan buku pedoman penjualan, pelatihan secara langsung dari sales leader untuk memberikan pelatihan tepat waktu kepada tim mereka dan praktik-praktik terbaik untuk memastikan mereka memiliki apa yang mereka butuhkan untuk melanjutkan kesepakatan.

3. Mengoptimalkan kegiatan/proses dalam penjualan

Setelah mengidentifikasi proses mana yang efektif, Anda dapat bekerja untuk meningkatkan efisiensi dengan mengoptimalkan proses tersebut. Berinvestasi dalam analitik penjualan dan solusi prediksi berkorelasi langsung dengan penjualan yang lebih baik dan hasil kinerja di seluruh bisnis. Organisasi yang menggunakan analisis penjualan meningkatkan pencapaian kuota tim lebih cepat dari non-pengguna tools tersebut. Sales leader terbaik di kelasnya terbuka untuk analisis, pembelajaran, dan penyesuaian yang berkelanjutan. Penting untuk menggunakan KPI dan metrik untuk menentukan apa yang berhasil, apa yang tidak berfungsi, dan area untuk peningkatan dalam hal faktor-faktor seperti kecepatan, ketepatan, dan kualitas. Pertimbangkan metrik seperti tingkat panggilan, tingkat closing dead, panjang siklus penjualan, tingkat konversi pipeline dan jumlah rata-rata sentuhan hingga konversi. Gunakan dasbor untuk memvisualisasikan tren dan mendapatkan wawasan berharga tentang aktivitas sales representatif. Dalam hal ini, penggunaan sistem CRM dapat menjadi opsi yang tepat bagi tim sales dan sales leader untuk memberikan informasi data metrik dan analisis yang dapat dijadikan acuan oleh tim sales agar dapat mencapi kuota penjualan dengan efektif dan efisien.

Sales1 hadir untuk Anda yang membutuhkan sistem pendukung penjualan dengan sistem manajemen hubungan pelanggan yang juga dilengkapi berbagai macam fitur pendukung untuk analisa dan KPI tim sales. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Add paragraph text here.