Return to site

Benarkah CRM Hanya Untuk Enterprise?

Banyak pebisnis, sales leader maupun salesperson yang mengatakan CRM hanya untuk enterprise. Semua ini merupakan salah kaprah yang perlu diluruskan kembali. Pasalnya, setiap bisnis baik kecil (UMKM) maupun enterprise membutuhkan sistem CRM. Karena, sistem CRM sangat fleksible untuk digunakan di semua lini bisnis. Ada beberapa alasan yang sangat penting yang harus Anda ketahui mengenai penggunaan sistem CRM yang dapat diimplementasikan untuk semua bisnis.

1. Mengetahui semua pelanggan

Kenali dan ketahui siapa yang telah melakukan pembelian kepada Anda, seberapa sering Anda dapat mengingat semua pelanggan yang telah menghubungi Anda? Dengan sistem CRM Anda akan dibekali oleh data, yang mana semua data ini akan menyimpan riwayat hubungan dengan pelanggan, kontak pelanggan, hasil pembelian yang dilakukan semua ini dapat Anda lihat dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

2. Menganalisa nilai pelanggan

Nilai pelanggan bukan hanya dilihat dari nilai besar kecilnya pembelian yang diberikan. Tetapi nilai ini dapat dilihat dari loyalitasnya dalam melakukan pembelian. Anda akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari pelanggan yang melakukan pembelian berulang dibandingkan dengan pelanggan yang melakukan pembelian besar namun hanya satu kali. Mereka yang melakukan pembelian berulang tersebut dapat dikategorikan sebagai pelanggan berkualitas yang dapat menjadi aset penting untuk perusahaan.

3. Meningkatkan retensi pembelian dari pelanggan yang ada

Pada artikel sebelumnya kami menyinggung tentang pentingnya perusahaan menjaga retensi pembelian dari pelanggan lama. Hal ini tidak terlepas dari proses yang lebih sederhana yang harus Anda hadapi. Ketika proses dapat dihadapi lebih cepat, maka Anda akan lebih banyak waktu untuk mencari dan mencapai penjualan baru dari pelanggan/prospek.

4. Cross selling maupun up selling

Pentingnya CRM juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk membantu Anda melakukan metode penjualan menyilang atau cross-selling maupun untuk peningkatkan penjualan dengan metode up-selling. Apa yang membuat hal ini lebih mudah untuk dilakukan adalah berdasarkan data dan riwayat pembelian yang mereka lakukan. Sehingga Anda dapat melakukan penawaran cross-selling dan up-selling berdasarkan personalisasi pelanggan dari data yang Anda miliki.

Ilustrasi (c) Property of Sales1CRM.com