Return to site

Cara Agar Dapat Terhubung Dengan Pelanggan Terbaik

Menjaga pelanggan terbaik agar tetap terhubung

· Customer Service

Memiliki pelanggan berkualitas tentu menjadi peluang yang sangat besar bagi perusahaan dan tim sales. Terlebih lagi apabila pelanggan-pelanggan berkualitas tersebut menyandang kategori sebagai pelanggan terbaik. Tentu, perusahaan dan tim sales akan terus berusaha untuk meningkatkan hubungan agar pelanggan ini tidak lepas begitu saja. Pelanggan terbaik ini dapat menjadi masa depan yang bernilai untuk perusahaan. Jika satu kesalahan dilakukan oleh perusahaan, kehilangan pelanggan terbaik dapat menurunkan pendapatan 5-30% per pelanggan. Semua tergantung berapa banyak pelanggan terbaik yang Anda miliki. Jika 5% saja merugikan hingga puluhan juta rupiah, betapa sayangnya kehilangan pelanggan tersebut.

Untuk itu, salesperson dan perusahaan perlu membuat sistem yang baik agar semua pelanggan terbaik ini dapat tetap terhubung dengan perusahaan. Selain sistem, berikut adalah strategi-strategi yang dapat diaplikasikan agar pelanggan terbaik semakin loyal terhadap perusahaan.

1. Mempersonalisasikan pelanggan

Setiap pelanggan memiliki pola yang berbeda-beda dalam melakukan pembelian. Sebagian melakukan pembelian di akhir bulan, sebagian melakukan pembelian di awal bulan. Mereka juga melakukan pembelian dengan jumlah tertentu namun tetap dengan pola yang sama. Personalisasi pelanggan terbaik akan membantu tim sales untuk menentukan waktu yang tepat dalam menghubungi masing-masing pelanggan. Dengan memahami pola ini, sales dapat menghindari proses follow up yang terlalu cepat maupun yang terlalu lambat.

2. Mengurangi hal-hal kontraproduktif

Semua pelanggan adalah aset, terlebih lagi pelanggan-pelanggan terbaik yang Anda miliki. Untuk itu, Anda perlu menjaga mereka dengan baik. Selalu menjadi bagian penting bagi bisnis pelanggan dan mengurangi hal-hal yang dapat menghambat mereka merupakan suatu keharusan. Berkomunikasi dengan baik dan tepat sasaran adalah kunci keberhasilan untuk bisa terhubung dengan pelanggan. Jangan memaksakan keinginan untuk menghubungi pelanggan. Karena terlalu sering menghubungi ditambah dengan basa-basi dalam berkomunikasi hanya akan mengurangi kepercayaan pelanggan Anda.

3. Memperbaiki kepercayaan

Jika Anda sudah terlanjur membuat kesalahan fatal, jangan takut atau malu untuk meminta maaf. Segera meminta maaf dan memperbaiki kesalahan tersebut dapat berimbas pada upaya searah yang akan ditempuh oleh pelanggan. Jika Anda salah, prospek kecewa tindakan mereka tentu mencari perusahaan lain. Karena permintaan maaf dan perubahan/perbaikan yang Anda berikan inilah, pelanggan pun kembali percaya kepada Anda. Lakukan hal ini secara terus menerus, maka Anda akan tetap terhubung dengan pelanggan terbaik. Namun ingat, jangan mengulangi kesalahan yang sudah dimaafkan oleh pelanggan sebelumnya. Kesalahan yang sama yang Anda lakukan menandakan bahwa Anda tidak pernah belajar dari kesalahan.

4. Memberikan rewards yang sangat berarti dan mudah diingat

Pelanggan sudah memberikan segalanya untuk Anda. Anda pun sudah memberikan segalanya untuk pelanggan. Namun, itu terkadang tidak cukup. Jika ingin pelanggan terbaik tetap menjadi pelanggan Anda, maka Anda juga perlu memberikan hadiah atau rewards kepada pelanggan. Rewards yang semakin berarti dan mudah diingat bagi pelanggan akan memudahkan mereka untuk selalu menggunakan produk/layanan yang Anda berikan.

5. Menggunakan sistem CRM

Selain cara-cara yang sifatnya tradisional dan manual, Anda juga dapat menggunakan sistem yang dapat membantu Anda menyimpan data pelanggan. Sistem seperti ini akan membuat Anda lebih yakin untuk bisa menjaga pelanggan-pelanggan terbaik yang dimiliki. Semakin banyak pelanggan berkualitas pada sistem CRM, maka upaya untuk terhubung dengan pelanggan terbaik pun akan semakin meningkat dan juga terorganisir dengan baik.

Itulah beberapa tips agar tetapterhubung dengan pelanggan terbaik yang Anda miliki. Semoga artikel ini dapat memberikan bantuan kepada para sales untuk mengembangkan, mengelola dan menjamin kepuasan pelanggan terbaik. Info lebih lanjut mengenai aplikasi CRM dari Sales1CRM, silakan hubungi kami melalui hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com