Return to site

Cara Agar Lebih Dekat Dengan Closing Penjualan

Sulit buat closing? Coba jalankan tips ini!

· Tips Sales

Penjualan selalu terjadi karena proses dalam menawarkan produk yang Anda lakukan, dikerjakan dengan cara yang benar. Jika penjualan terjadi hanya karena kebetulan, maka tidak akan ada perusahaan yang merekrut sales untuk mendapatkan penjualan, karena mereka hanya menunggu kebetulan tersebut menghampirinya.

Usaha dalam mendekatkan prospek pada closing adalah cara yang harus Anda lakukan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda jalankan untuk mendekatkan proses pada closing

1. Transisi yang baik dari setiap proses, presentasi hingga closing

Ikuti semua prosesnya dengan baik, jangan sampai Anda mengakhiri satu proses yang membuat prospek marah kepada Anda. Jika hal ini terjadi, akan lebih sulit bagi Anda untuk mencapai penjualan dengan prospek.

2. Kualifikasi prospek dengan mencari tahu produk yang cocok untuk kebutuhannya

Jangan terlalu mudah memilih prospek, kualifikasikan mereka berdasarkan kebutuhan dan produk yang mereka inginkan. Jangan pernah memaksakan produk Anda jika mereka telah mengungkapkan kriteria produk yang mereka inginkan dan tidak sesuai dengan produk yang Anda miliki.

3. Ungkapkan harga

Jangan takut untuk mengungkapkan harga dari awal kepada prospek, jika Anda memberikan diskon, sebutkan berapa diskon yang akan Anda berikan kepada prospek untuk pembelian saat ini.

4. Merangkum penawaran

Merangkum penawaran adalah tindakan yang Anda lakukan untuk memastikan percakapan antara Anda dengan prospek benar dan semuanya sesuai. Membuat rangkuman ini akan membantu Anda memperbaiki kesalahan terkait kebutuhan prospek dan solusi yang mereka inginkan. Sehingga ketika ada potensi penjualan, semua berjalan dengan baik dan tidak ada satu pun kesalahan yang Anda lakukan.

5. CTA

Salah satu bagian terpenting dalam proses penjualan adalah Call to Action (CTA) yang harus Anda berikan kepada prospek. Sehingga, ketika prospek akan melakukan pemesanan, mereka mengerti kemana ia harus melakukan panggilan.

6. Lebih banyak mendengarkan

Langkah terakhir untuk memudahkan closing adalah dengan lebih banyak mendengarkan. Mendengarkan akan memudahkan Anda untuk memahami keluhan prospek. Selain itu, mendengarkan akan membawa efek positif untuk Anda, karena prospek yakin bahwa Anda akan memberikan produk yang baik untuknya.

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memudahkan Anda menuju closing yang dapat kami berikan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mendapatkan prospek yang lebih baik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com