Return to site

Cara Agar Pelanggan Senang Menerima Email Marketing Anda

Teknik untuk meningkatkan potensi email marketing dibaca oleh pelanggan.

· Tips Marketing

Email merupakan alat yang masih efektif untuk menjangkau atau untuk mengirimkan penawaran saat dibaca. Tetapi, banyaknya email yang diterima oleh pelanggan maupun lead setiap harinya, berpotensi email Anda dihapus karena konten Anda dianggap tidak menarik. Upaya Anda untuk membuat kampanye pun menjadi hal yang sia-sia jika tidak ada satu prospek/pelanggan yang membacanya.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan apabila ingin meningkatkan peluang sebagai pemenang dalam kontes email marketing dengan kompetitor Anda. Inilah beberapa hal penting yang dapat Anda perhatikan.

1. Konten

Konten adalah hal yang paling penting untuk meningkatkan peluang email Anda dibaca atau untuk mengatakan sesuatu kepada pelanggan yang mungkin bisa mengundang minat atau ketertarikan kepada mereka. Oleh karena itu, pastikan bahwa email Anda berisikan konten atau materi yang memang diminati oleh pelanggan. Jangan hanya fokus pada produk/layanan Anda saja, karena menarik minat pembaca adalah hal yang harus Anda fokuskan pertama kali.

Apa konten yang dibutuhkan oleh pelanggan? Pelanggan akan selalu membutuhkan tips atau cara yang baik untuk meningkatkan bisnis mereka. Jika Anda bisa menjadi bagian untuk mereka tumbuh dengan mengirimkan konten edukatif yang sesuai dengan minat atau bisnisnya pelanggan akan selalu membuka email Anda.

2. Jangan spam

Memiliki jadwal email marketing memang bagus untuk menarik pembelian baru dari prospek atau pelanggan. Akan tetapi, jangan membuat jadwal yang seperti membombardir email pelanggan dengan kampanye Anda. Biarkan pelanggan Anda membaca email untuk keperluan pribadinya.

Untuk Anda yang merupakan pemilik bisnis e-Commerce Anda dapat mengirimkan 1x dalam sehari. Untuk Anda perusahaan jasa dapat mengirimkan 1x seminggu atau 1x dalam sebulan. Ini akan membantu pelanggan menghormati email marketing yang Anda kirimkan.

3. Bangun kepercayaan

Membangun kepercayaan itu bisa sangat mudah didapatkan atau sebaliknya menjadi sangat sulit. Tetapi, untuk merusak kepercayaan itu jawabannya selalu sama, yakni dapat dengan mudah merusak kepercayaan. Elemen penting dalam membangun kepercayaan adalah dengan menjaga perkataan baik secara lisan maupun tertulis serta dengan menepati setiap janji.

Membangun kepercayaan juga dapat Anda lakukan melalui email. Caranya adalah dengan selalu memberikan respon yang baik kepada pelanggan dengan memperhatikan apa yang Anda tulis pada email. Selanjutnya Anda dapat memperhatikan dua poin yang kami sebutkan yakni konten dan jangan spam.

Itulah cara agar pelanggan senang menerima email Anda dan dengan senang hati untuk membaca email yang Anda kirimkan. Dengan strategi email yang tepat, Anda bukan hanya dapat membangun hubungan dengan pelanggan tetapi juga membuka peluang untuk meningkatkan penjualan baru. Ikuti terus blog kami dan dapatkan informasi seputar sales, marketing dan CRM. Caranya cukup dengan mendaftarkan email Anda pada kolom subscribe di bawah ini.

Ilustrasi (c) Pexels.com