Return to site

Cara Memberikan Pelatihan Kepada Tim Sales

Pentingnya pelatihan untuk tim sales

Cara Memberikan Pelatihan Kepada Tim Sales

Tanpa pelatihan tim sales yang memadai, tim sales Anda hanya akan berjalan pada satu titik dan tidak bisa meningkatkan penjualan dengan baik. Namun, kondisi ini bisa berubah jika tenaga tim sales senior berbaur dengan tim sales junior untuk saling berbagi ilmu dan menciptakan tim sales yang berkualitas didalam perusahaan.

 

Salah satu titik yang paling baik ialah dengan mempertahankan bakat tim berpengalaman dengan membuat pelatihan secara rutin untuk menciptakan tenaga profesional lainnya. Dengan cara ini tentu tim Anda akan terus memiliki generasi sales yang berkualitas untuk memberikan pelatihan kepada generasi selanjutnya.

 

Jika memang Anda tidak memiliki tim sales terlatih dengan baik, mungkin Anda dapat mengarahkan mereka pada beberapa hal berikut untuk memaksimalkan tim sales dan memastikan bisnis bisa terus berkembang.

 

1. Mencari konten yang berkualitas untuk dijadikan rujukan

Semua orang merasa bahwa dirinya memiliki sumber daya yang terbatas dalam dirinya. Tapi, sumber daya bukanlah benda mati yang tidak bisa dikembangkan. Salah satu cara meningkatkan sumber daya tim sales Anda iala dengan mencari konten berkualitas di internet yang berhubungan dengan penjualan untuk dijadikan rujukan.

 

2. Membuat sistem kekeluargaan

Jika Anda ingin memiliki tim sales yang terlatih dan semakin perofesional jangan pernah menanamkan rasa persaingan dalam tim Anda. Persaingan akan semakin menciutkan tim sales yang merasa dirinya tidak memiliki bakat. Lain halnya jika Anda menanamkan sistem kekeluargaan, tim Anda akan saling menjaga satu sama lain dan bisa memberi dukungan ketika sedang berada pada posisi terendah.

 

3. Menyatukan data untuk pengembangan tim sales

Menyatukan data yang berhubungan dengan penjualan dan pelanggan dalam satu tempat merupakan salah satu upaya yang sangat diperlukan untuk bisa meningkatkan kemampuan tim sales Anda. Dari sini, Anda dapat memanfaatkan CRM untuk bisa menyatukan data pelanggan dan semua yang berkaitan dengan prospek. Dengan metode ini tim sales Anda akan lebih mudah mempelajari semua tentang pelanggan dan prospek.

 

4. Pelatihan singkat sebelum melaksanakan tugas

Pelatihan singkat yang dilakukan secara rutin sebelum melaksanakan tugas di pagi hari dapat dijadikan penyemangat tim sales yang Anda miliki. Anda mungkin hanya perlu memberikan waktu 10-15 menit untuk memberikan masukan-masukan positif kepada tim Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com | Pixabay.com