Return to site

Cara Membuat Perencanaan Bisnis Yang Baik

Bagaimana menciptakan perencanaan yang baik agar bisnis semakin menguntungkan

Cara Membuat Perencanaan Bisnis Yang Baik

Ketika Anda baru memulai bisnis, tentu Anda membutuhkan planning yang matang untuk bisa mengembangkan bisnis. Meski begitu, planning bisnis bukan hanya sebuah daftar yang harus Anda capai untuk mewujudkan harapan, mimpi maupun target dalam mencapai kesuksesan. Ada beberapa hal yang perlu Anda prioritaskan juga selain membuat daftar rencana yang perlu Anda ikuti tersebut. Berikut adalah daftar yang harus Anda lakukan terlebih dahulu:

 

1. Deskripsi  produk/layanan Anda

Ketika Anda akan mengembangkan perencanaan bisnis, Anda harus memiliki diskripsi yang jelas tentang produk/layanan yang akan ditawarkan kepada pelanggan-pelanggan Anda. Pada deskripsi tersebut pula Anda dapat memberikan gambaran tentang produk serta keunikan yang terdapat pada produk Anda. Perencanaan bisnis akan lebih menjelaskan bagaimana produk/layanan yang akan Anda berikan kepada pelanggan.

 

2. Analisa pasar atau tingkat kompetisi

Setiap perencanaan bisnis haruslah memiliki bagian yang menjelaskan bagaimana perusahaan akan menargetkan penjualan maupun pasar. Didalamnya terdapat pula hasil riset di area pasar baik yang berhubungan dengan bisnis maupun tren industri pada target pasar Anda. Anda juga harus bisa melihat bagaimana kompetitor menargetkan pasar dan mengapa mereka memutuskan untuk memilih target tersebut. Selain itu, Anda juga harus bisa melihat basis pelanggan Anda dan membuat produk yang ideal untuk pelanggan.

 

Persaingan yang sangat ketat disemua lini bisnis menjadi alasan utama mengapa Anda harus melakukan riset terhadap produk/layanan hingga target pasar/pelanggan. Karena dengan langkah ini, Anda dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan yang lebih spesifik dari pasar maupun pelanggan serta untuk mencari tahu kelemahan perusahaan.

 

3. Keuangan

Pastikan Anda memiliki keuangan yang cukup baik untuk menjalankan perencanaan bisnis Anda. Tanpa pengolahan keuangan yang baik, Anda bisa saja melakukan blunder dengan tingginya biaya pengeluaran, tapi tidak dapat membukukan keuntungan lebih. Jika Anda akan membuat perencanaan dalam bisnis Anda, pastikan bahwa perusahaan Anda memiliki keuangan yang sehat dan memiliki jumlah tertentu untuk melakukan pemasaran atau biaya-biaya lain.

 

4. Mengikuti saran

Cara paling mudah untuk bisa mengembangkan bisnis dengan mengikuti saran-saran dari ahli bisnis yang Anda kenal. Jadikan mereka sebagai motivator atau influencer untuk Anda guna meningkatkan keuntungan bisnis. Jika Anda mau mendengarkan dan melaksanakan saran-saran terbaik yang Anda dapatkan, kesempatan bagi Anda membuat perencanaan bisnis yang baik sangat terbuka lebar.

 

Bagaimana dengan Anda? Apakah ada cara lain untuk membuat perencanaan bisnis yang baik? Anda dapat berbagi dengan cara meninggalkan komentar dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com | Pexels.com