Return to site

Cara Membuat Prospek “Membutuhkan” Produk Anda

· Strategi Sales

Membuat prospek membutuhkan produk atau layanan yang kita tawarkan adalah sebuah tantangan yang harus kita hadapi dari waktu ke waktu. Hal ini pun merupakan kepingan puzzle yang harus selalu Anda selesaikan setiap kali mendapatkan prospek. Apabila Anda gagal menyelesaikan puzzle dalam proses penjualan tersebut, tentu saja ada orang lain yang dapat mengambil alih kesempatan yang Anda dapatkan. Maka dari itu, pengetahuan akan teknik untuk membuat prospek membutuhkan produk yang kita jual adalah hal mutlak yang perlu dikuasai oleh salesperson dan sales representatif. Berikut adalah beberapa cara agar prospek lebih membutuhkan produk/layanan yang Anda tawarkan kepada mereka.

1. Ulasan pelanggan melalui website

Di era modern, semua bisnis memiliki website, ini adalah hal yang sudah sangat umum. Menampilkan ulasan dan testimonial dari pelanggan-pelanggan berkualitas akan meningkatkan kebutuhan prospek akan produk Anda. Sebagai contoh, Anda membuat video testimonial dalam beberapa detik yang mana pelanggan-pelanggan tersebut merupakan pelanggan VIP atau dari perusahaan/individu yang masuk kategori pelanggan high-class. Seperti testimonial dari artis yang Anda endorse, perusahan ternama dan lain sebagainya.

2. Jaminan layanan penuh

Ada banyak perusahaan yang menjalankan sistem kerja 24/7 atau 24 jam selama 7 hari. Artinya, mereka selalu siap untuk melayani pelanggan kapan pun ketika terjadi masalah. Anda juga dapat menawarkan metode seperti ini jika konsep bisnis Anda merupakan bisnis yang menyasar pelanggan bisnis pula atau yang dikenal dengan B2B. Memang, ini terkesan sangat umum, namun tidak semua mampu memberikan jaminan akan memberikan layanan penuh kepada pelanggan. Faktanya, masih banyak perusahaan yang mengadopsi metode ini tetapi jawaban yang diberikan tidak memberikan solusi.

3. Berani memberikan kompensasi

Kompensasi atas suatu kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan dapat merugikan pelanggan. Tawarkan kompensasi kepada prospek Anda jika ada kendala terhadap produk dan layanan yang Anda berikan. Ini akan menambah tingkat kepercayaan dari mereka dan akan merasa lebih membutuhkan produk Anda. Karena, bagaimana pun, kebutuhan pelanggan dan prospek itu sama, yaitu solusi dan layanan yang baik. Apabila Anda mampu menguasai dua hal ini, pasti tidak akan sulit bagi Anda untuk mencapai penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com