Return to site

Cara Memeriksa & Mengoptimalkan Penggunaan Data CRM

· CRM Di Indonesia,CRM Software

Memeriksa dan mengoptimalkan penggunaan data pada CRM merupakan aktivitas penting yang harus diprioritaskan oleh tim sales dan tim marketing maupun leader dan pejabat perusahaan. Jika dari data ini tidak memiliki kualitas yang baik, maka hasil penjualan dan hubungan pelanggan pun tidak akan dihasilkan dengan baik pula. Manajemen pada data ini harus menjadi tindakan yang diutamakan oleh leader dan benar-benar dijaga oleh tim sales agar dalam bekerja selalu menghasilkan pelanggan yang berkualitas. Berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa dan mengoptimalkan penggunaan data CRM yang dapat Anda lakukan.

1. Kumpulkan data dengan cara yang benar

Apakah Anda sudah yakin bahwa metode pengumpulan data yang Anda lakukan sudah tepat untuk menyelesaikan masalah bisnis dan memanfaatkan ulang data yang dimiliki? Untuk menghasilkan data yang akurat pada sistem CRM yang Anda miliki, maka Anda perlu menetapkan KPI merupakan srategi yang dapat Anda terapkan agar data tetap berkualitas yang ada pada sistem CRM Anda.

2. Cek kualitas data

Masalah kualitas data merupakan bagian yang berpengaruh terhadap hasil dalam proses. Dalam hal ini, ketika Anda memiliki tim sales yang baru, kualitas data dapat menjadi berkurang mengingat kurang pahamnya anggota tersebut terhadap sistem CRM maupun belum paham tentang bagaimana memilih pelanggan dan prospek yang tepat. Memeriksa kualitas data secara berkala dan menghapus data yang tidak diperlukan harus dilakukan oleh tim sales dan leader. Kegiatan ini akan menjaga kualitas data pada sistem CRM tetap terjaga.

3. Gunakan data untuk meningkatkan perfoma dalam mengambil keputusan

Anda sudah menggunakan sistem CRM, maka maksimalkan data tersebut untuk mengambil keputusan. Apakah Anda yakin prospek ini berkualitas? Apakah Anda yakin berhadapan dengan pelanggan yang potensial? Semua ini dapat Anda perhatikan melalui data yang tersimpan pada sistem CRM. Maka dari itu, Anda perlu menjadikan sistem CRM sebagai bagian dalam pengambilan keputusan jangan hanya menyimpan data tetapi tidak pernah menggunakan data tersebut untuk pendukung pengambilan keputusan.

4. Pastikan Anda memiliki tim yang paham lebih dari Satu

Sebaagai leader, Anda perlu memastikan bahwa setidaknya memiliki dua atau lebih orang yang menguasai CRM dan bagaimana menjaga kualitas data pada sistem. Hal ini tak lain adalah untuk menjaga data yang di simpan oleh tim Anda. Anda juga harus memiliki lebih dari satu orang yang mampu mengimport, memformat, mengekspor atau mengelompokkan data. Jika ada lebih dari satu orang yang menguasai hal ini, maka ini dapat menghindari adanya potensi turunnya kualitas data saat anggota tim yang menguasai tersebut tidak dapat ke kantor.

Ilustrasi (c) Unsplash.com