Return to site

Cara Mencegah Pelanggan Pindah Ke Kompetitor

Mengatasi persaingan pasar dengan bijak

Ketika Anda memiliki pelanggan, Anda harus bisa mengikat pelanggan tersebut agar tetap menggunakan produk/layanan yang Anda tawarkan. Karena, pertumbuhan bisnis yang ketat tidak menutup kemungkinan bagi pelanggan untuk memilih produk/layanan dari kompetitor dikemudian hari. Jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan, maka Anda harus menyiapkan strategi berikut ini agar pelanggan Anda tetap loyal dan menghalangi upaya kompetitor mengambil pelanggan Anda.

 

1. Menyiapkan strategi perang harga

Ketika kompetitor menawarkan produk yang serupa dengan harga lebih rendah dari yang Anda tawarkan mungkin pelanggan akan tertarik untuk berpindah. Akan lain ceritanya apabila Anda menyiasati cara persaingan seperti ini dengan memberikan sesuatu yang lebih dari layanan Anda tanpa mengikuti permainan kompetitor. Buktikan kepada pelanggan bahwa produk/layanan Anda tetap lebih baik daripada milik kompetitor dengan nilai lebih yang Anda berikan untuk pelanggan Anda.

 

2. Membantu pelanggan

Membantu pelanggan akan sangat berpengaruh pada kepercayaan yang akan pelanggan berikan untuk Anda. Dengan cara ini pelanggan akan terus terlibat dengan Anda dan akan berpikir dua kali untuk pindah ke kompetitor. Contoh sederhana, ketika pelanggan menerima produk dengan kondisi cacat, lakukan penukaran tanpa syarat, jika produk Anda mengalami kerusakan setelah sekian tahun, lakukan perbaikan dengan gratis atau tawarkan biaya service yang lebih murah.

 

3. Membangun jaringan dengan pelanggan

Pelanggan Anda dapat menjadi sumber informasi untuk bisnis yang Anda jalankan. Dengan jaringan yang baik semakin banyak informasi-informasi yang akan Anda dapatkan. Misal, pelanggan bercerita kepada Anda bahwa kompetitor menawarkan produk lebih untuk mereka dengan harga yang terjangkau, jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan, lakukan perubahan dan berikanlah nilai lebih dari produk Anda dibandingkan penawaran kompetitor. Karena dengan cara ini Anda dapat mengatasi perang harga seperti poin pertama. Dengan demikian, sumber informasi dari satu pelanggan dapat menyelamatkan semua pelanggan Anda dari kompetitor.

 

4. Menjaga komunikasi

Dengan menjaga komunikasi dengan pelanggan Anda dapat mengetahui masalah-masalah apa yang dihadapi oleh pelanggan. Pelanggan yang sudah akrab dengan Anda tentu tidak akan segan untuk menceritakan kebutuhan-kebutuhannya. Kesempatan untuk Anda membantu mereka jika Anda memiliki solusi untuk mereka. Dengan cara ini, pelanggan Anda tidak akan pernah pergi ke kompetitor karena layanan yang Anda berikan belum tentu akan mereka dapatkan dari kompetitor Anda jika berpindah.

Ilustrasi (c) Unsplash.com