Return to site

Cara Meningkatkan Nilai Dari Pelanggan Lama

Nilai yang baik membawa penjualan yang baik

· Tips Sales

Menjaga nilai dari pelanggan lama adalah cara terbaik untuk menjaga pertumbuhan perusahaan agar tetap stabil. Strategi menjaga pelanggan lama adalah sama pentingnya dengan bagaimana cara Anda mencari pelanggan baru. Tetapi, ada nilai lebih bagi perusahaan yang berhasil menjaga pelanggan-pelanggan lamanya. Mereka yang sudah mengetahui/merasakan kualitas produk dan layanan yang Anda miliki membuat penjualan lebih mudah terwujud dibandingkan dengan akusisi pelanggan baru.

 

Sebelum Anda mencapai penjualan baru dari pelanggan lama, satu hal yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara Anda meningkatkan nilai kepada mereka agar terus menjaga loyalitasnya untuk Anda? Guna menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar mendapatkan loyalitas pelanggan lama dan berhasil meningkatkan nilai perusahaan, produk maupun layanan Anda.

 

1. Personalisasi pengalaman pelanggan

Personalisasi pengalaman pelanggan adalah ketika Anda berhasil memberikan pelayanan kepada mereka sesuai dengan karakternya. Membuat pelanggan seperti satu-satunya pelanggan di perusahaan atau merasa sangat diistimewakan oleh perusahaan menjadi kunci penting untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dari pelanggan.

 

2. Tidak menarik biaya untuk kebutuhan tertentu

Buatlah pelanggan lebih istimewa dengan tidak menarik biaya untuk suatu layanan tertentu kepada pelanggan. Lumrahnya, pelanggan digratiskan apabila produk yang ia beli masih dalam masa garansi. Jika Anda ingin mendapatkan nilai lebih dari pelanggan, cobalah untuk membuat langkah khusus tanpa penarikan biaya seperti biaya pengiriman, biaya retur atau biaya jasa yang biasanya berbayar menjadi gratis untuk waktu tertentu.

 

3. Selalu tepat waktu dalam setiap kondisi

Tepat waktu adalah kunci kepuasan pelanggan dan menambah kepercayaan. Tidak ada alasan bagi Anda untuk menunda-nunda pemesanan dari pelanggan jika tidak ada halangan yang tidak dapat dihindari. Jangan biarkan pelanggan Anda menunggu jika menginginkan pelanggan ini tetap loyal. Jika ada keterlambatan, jelaskan kronologinya, pastikan waktu selanjutnya sesuai.

 

4. Meningkatkan status pelanggan

Tingkatkan status pelanggan dalam perusahaan agar ia merasakan hal-hal yang belum dirasakan sebelumnya. Sebagai contoh, pelanggan A sudah berlangganan 2 tahun dan memiliki potensi penjualan yang sangat tinggi, Masukkan ia pada daftar pelanggan prioritas untuk mendapatkan pengalaman baru bersama perusahaan Anda.

 

5. Melacak/memantau pelanggan

Melacak/memonitor setiap nilai dari pelanggan untuk memastikan Anda memberikan pelayanan yang tepat. Sehingga Anda dapat menjalankan poin #4 tanpa kesalahan. Salah satu cara untuk melacak/memantau pelanggan adalah dengan mengimplementasi CRM untuk perusahaan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com